caption trialgame

Trabasan Aman Dengan Persiapan Optimal!

Tuesday, 28 December 2021

Trabasan Aman Dengan Persiapan Optimal!

 
Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan liburan Anda. Bagi para penggila motor trail, akhir tahun biasanya dimanfaatkan untuk pergi menjelajah dengan motor trail atau biasa disebut trabasan. Dalam trabasan, berbagai medan menantang semisal jalan berlumpur, bebatuan, menyeberangi sungai kecil, hingga tanjakan atau turunan ekstrem akan ditemui.

Meski begitu, trabasan dengan trail kesayangan diyakini bisa menjadi sarana berlibur yang seru sekaligus memacu adrenalin. Namun sebelum pergi menaklukkan medan, kondisi motor trail perlu diperhatikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Ada sejumlah komponen motor trail yang harus Anda cek kelayakannya sebelum membawa motor trail Anda berpetualang di medan offroad.

Hampir semua bagian perlu dicek mulai dari mesin, pengapian, bagian rem, gearset termasuk rantai, kelistrikan dan pasti perlu servis juga. Beberapa part vital motor trail semisal kaki-kaki hingga lampu juga perlu dicek sebelum berangkat trabasan. Selain pengecekan dan servis, Anda juga perlu ganti oli mesin, cek kopling dan cek kabel gas. Selain itu lampu-lampu, transmisi, minyak dan kampas rem, hingga sokbreker juga perlu diperhatikan.

Kok banyak ya? Tenang itu kan cuma pengecakan saja, apakah komponen-komponen tadi masih memiliki performa prima dan layak jalan. Biasanya sih untuk biaya pengecekan dan servis ringan tidak hanya ada dikisaran 100-200ribu saja per motor. Tapi itu dengan catatan, tidak ada part atau komponen yang mengalami penggantian ya.

Selain kondisi motor, jangan lupa untuk mengecek kesiapan fisik Anda tentuknya. Pastikan kondisi badan Anda dalam kondisi prima, sehat, dan tidak mengalami gejala sakit. Oh iya istirahat yang cukup juga merupakah hal yang essensial lho.  Dan yang terakhir tentu saja penggunaan beragam alat keselamatan selama trabasan. Helm, boots, beragam macam protector untuk beragam anggota tubuh adalah hal yang wajib Anda gunakan ya. Nah jika semua persiapan sudah optimal, kini tinggal tancap gas saja kalo begitu.

comments

`