caption trialgame

Trail Listrik Buatan Anak Negeri, Racikan Bengkel Bekasi !

Wednesday, 9 June 2021

Trail Listrik Buatan Anak Negeri, Racikan Bengkel Bekasi !


Perlahan tapi pasti era kendaraan listrik mulai menjamur di Indonesia. Belum lama ini salah satu anak perusahaan BUMN mengumumkan akan memproduksi secara massal motor trail listrik namun jika Anda tidak sabar ada beberapa jasa modifikasi di beberapa bengkel yang bisa menyediakan motor trail listrik, salah satunya adalah Petrikbike.

Bengkel modifikasi yang berada di kawasan Jatiranggon, Kota Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini meluncurkan produk motor trail listrik yang secara penampilan dan performa tidak kalah dengan motor trail listrik atau motor trail konvensional.

"Konstruksi bangunnya kita bikin sendiri, mulai dari sasis diukur dan kustom, swing arm, dan penyesuaian pada suspensinya. Kenapa trail, karena kita sudah buat versi motor drag race listrik dan matik BeAT listrik," kata Ady Siswanto sang pemilik bengkel seperti yan dikutip dari Kumparan.com.  

Seperti pada trail umumnya, tongkrongan motor ini memang jangkung dan didukung dengan kaki-kaki ala motor terabasan. Misalnya suspensi depan menggunakan upside down dan yang belakang monoshock. Kemudian mengaplikasikan setang tinggi dan lebar lengkap dengan raiser-nya. Kedua ban juga sudah menggunakan tipe off-road menyelaraskan dengan habitatnya di jalan yang tidak rata.

Sementara untuk spesifikasi motor ini dibenamkan perangkat listrik yang tinggi. Untuk dinamo atau motor penggeraknya menggunakan 3.000 Watt dan mengusung baterai 72v 40Ah. Dinamonya menggunakan tipe gear, jadi langsung di velg sehingga tenaga serta torsinya instan.

Kendati besaran tenaga dan torsi memang belum diukur di atas mesin dyno. Namun karakter performanya sangat buas untuk sebuah motor trail, kecepatannya bisa 100 kilometer per jam lebih.

Dengan racikan dinamo serta baterai tersebut, motor ini memiliki daya jelajah hingga 80 kilometer dengan kecepatan rata-rata 50-70 kilometer per jam. Sementara untuk waktu pengisian dari baterai habis hingga penuh hanya butuh 5 jam saja. Menurut Andy rencannya motor ini juga akan didaftarkan dan melakukan uji tipe agar bisa digunakan secara legal di jalan raya. Luar bisa bukan memang kreativitas anak bangsa ini.

 

comments

`