caption trialgame

Trail Listrik Yamaha Bakal Debut di Kejuaraan Dunia!

Thursday, 31 March 2022

Trail Listrik Yamaha Bakal Debut di Kejuaraan Dunia!


Yamaha semakin serius bermain di segmen sepeda motor listrik. Usai Yamaha E01, pabrikan sedang menyiapkan motor listrik trial Yamaha TY-E 2.0. Motor trial listrik terbaru Yamaha ini bakal berbeda dengan model sejenisnya karena mengandalkan tenaga listrik murni. Yamaha TY-E 2.0 menjadi motor trial yang unik dan tampil beda dari model lainnya. Apalagi model ini akan diterjunkan ke kejuaraan motor trial bergengsi tahun ini.

YamahaTY-E 2.0 akan ikut kejuaraan Trial World Championship pada Juni 2022. Motor akan dipakai oleh Kenichi Kuroyama, pebalap tim pabrikan Yamaha di Trial World Championship yang juga berperan sebagai pebalap pengembangan motor. TY-E 2.0 Yamaha merupakan turunan dari TY-E. Motor listrik ini memanfaatkan rangka monokok baru yang terbuat dari laminasi komposit.Penggunaan rangka monokok itu memberikan bobot yang lebih ringan dan kekakuan yang optimal.Rangkanya menampung unit daya listrik dengan kinerja yang ditingkatkan melalui kombinasi komponen mekanis dan kontrol elektronik.

Dapur pacunya memakai unit daya motor listrik nol emisi. Belum ada spesifikasi detail yang diungkap, namun catu daya memakai baterai lithium-ion ringan yang dirancang dengan kapasitas sekitar 2,5 kali lipat dari model sebelumnya.

Dari tampilannya, TY-E 2.0 menampakkan desain yang cukup jangkung, tentunya model ini didesain agar bisa menerobos jalur off-road. Menariknya, motor ini tak dilengkapi dengan jok seperti motor kebanyakan. Jelas karena TY-E didesain sebagai motor trial, jadi kenyamanan berkendara tak terlalu dipentingkan.Masalah bobot, berat  TY-E 2.0 hanya lebih dari 70 kg, atau mungkin tak sampai 80 kg. Sebagai perbandingan Honda Montesa Cota 4RT260 Race Replica berbobot 77 kg .

Dimensinya kompak dan bobotnya jauh lebih ringan ringan. Motor trial tidak dilengkapi dengan tempat duduk. Motor dipakai untuk melibas medan off-road ekstrem seperti tumpukan kayu, batu, dan halang rintang untuk melompat.

Saat ini belum banyak motocross atau motor sejenis dengan TY-E 2.0 yang mengandalkan tenaga listrik. Sehingga Yamaha mulai mengembangkan inovasi menarik dengan menggabungkan tenaga listrik dan motor trial dalam satu model. Walaupun motor ini sepertinya takkan dijual ke publik.

 

 

 

 

 

 

 

 

comments

`