caption trialgame

Trail Spesialis Ladang cocok buat berkebun!

Tuesday, 13 December 2022

Kupas Habis Motor Trail Dual Sport Spesialis Ladang


Setelah puas jadi market leader untuk kategori motor trail dalam kurun waktu beberapa dekade terakhir, akhirnya Kawasaki memutuskan untuk merilis motor dual purpose mereka yang dilengkapi dengan fitur utilitas tinggi yaitu Stockman 230 di Indonesia. Motor ini digadang-gadang memiliki karakter yang cocok untuk kontur geografi di Indonesia, khususnya dipakai untuk perkebunan, pertambangan dan pertanian. Dengan harga jual Rp57,5 juta off the road, apa saja sih keunggulan yang ditawarkan oleh motor ini?

Stockman 230 merupakan sepeda motor yang memang didesain khusus untuk keperluan wira-wiri di perkebunan, pertambangan maupun pertanian. Asalnya dari Australia. Memiliki ciri khas ringan, ringkas dan dapat bermanuver dengan mudah adalah suatu keistimewaan yang ditawarkan.

Wujudnya kalau dilihat sekilas identik dengan varian KLX. Tapi paling mencolok ada di bagian pencahayaan utama. Desain cover headlamp mirip kepunyaan KLX230 lansiran 2019 Di dalamnya diberi reflektor besar dan masih mengandalkan lampu bohlam konvensional 60/55 W. Meski begitu, menawarkan penerangan yang sangat baik, pagi hari atau setelah matahari terbenam. Toh memang habitatnya selalu di tempat minim cahaya. Bila rusak, mudah untuk mencari penggantinya. Untuk melindungi lampu utama dari hantaman kerikil atau saat terjatuh, sudah diberikan headlamp guard. Bisa difungsikan juga untuk membawa barang. Di bawah lampu terdapat sepatbor dan garpu yang mirip kepunyaan KLX230.

Stockman 230  menggunakan sasis yang dirancang untuk trail-riding. Mempunyai keunggulan yang sama dengan KLX series. Bingkai perimeter menawarkan stabilitas mumpuni. Jarak sumbu roda yang pendek juga berkontribusi pada penanganan agar mudah bermanuver. Dimensinya 2.105 mm x 920 mm x 1.110 mm (PxLxT). Jarak poros roda 1.350 mm, ground clearance 220 mm, berat kering 137 kg, dan kapasitas bahan bakarnya 7,5 liter.

Bodywork yang ramping  membuatnya lebih mudah saat keluar masuk lintasan yang sempit. Desain jok bergaya datar menawarkan kebebasan bergerak yang luar biasa. Lebar kursi juga memberi keseimbangan, kenyamanan dan jangkauan santai ke tanah untuk kaki pengendara.

Di balik bodinya yang ramping, Stockman mempunyai modal mesin 233 cc, SOHC, 2 valves, berpendingin udara dan sudah berpengabut injeksi. Perbandingan kompresi 9.4:1 yang masih sanggup menenggak Pertalite. Tenaga yang tercatat sebesar 18,7 Hp di 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm di putaran 6.100 rpm. Dayanya disalurkan melalui penggerak rantai lewat transmisi manual 6 percepatan.

Kaki-kakinya pakai suspensi teleskopik berdiameter 37 mm di depan dengan rubber boot cover dan New monoshock uni-trak dengan spring preload. Roda berdiameter 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Masing-masing dibalut dengan ban enduro berukuran 80/100-21 dan 100/100-18. Klaimnya berkat kulit bundar yang terpasang mampu menghasilkan traksi yang baik di berbagai medan off-road. Bagian pengereman, motor ini disokong single disc berdiameter 300 mm dengan dua kaliper depan dan 265 mm belakang satu kaliper.

Untuk fiturnya ada panel instrumen digital sederhana. Isinya cukup informatif buat ukuran trail. Tertera indikator bensin, waktu, kecepatan, odometer, serta sensor-sensor penting. Demi menunjang perjalanan sulit, ia dibekali dengan beberapa perlengkapan pelindung. Seperti aluminium lever guards, rugged frame sliders dan skid plate. Ada pula wide rear flap. Berfungsi ketika melalui jalan berlumpur. Tutup belakang lebar membantu menjaga bagian belakang pengendara agar tetap bersih.

Stockman juga menawarkan kenyamanan modern bagi pengendara. Disematkan kunci tuas kopling. Memungkinkan pengendara berhenti dan melepaskan stang saat motor masuk gigi. Kemudian side stand di kedua sisi. Alasan diberi standar samping di posisi kanan dan kiri, seandainya mau parkir di tempat yang sulit seperti di ladang tinggal cari bagian tanah yang rata. Asik ya, semakin banyak pilihan motor trail, sehingga para penggila trabasan memiliki opsi yang luas ketika ingin membeli tunggangan baru.

 

 

comments

`