caption trialgame

Trik Pasang Ban Dalam Motor Trail Dengan Sempurna!

Wednesday, 23 February 2022

Trik Pasang Ban Dalam Motor Trail Dengan Sempurna!

 
Motor Trail yang menggunakan ban tahu dan sering diajak trabasan biasanya menggunakan jenis ban tube atau ban dalam. Nah tapi pernahkah Anda mengalami ban jenis ini bocor tapi bukan karena paku, kawat, baut, atau benda tajam lainnya? Ternyata pemasangan ban dalam yang salah juga bisa membuat ban mudah bocor lho.

Ban dalam yang bocor bisa karena salah ukuran ban dalam atau pemasangannya tidak sempurna sehingga terlipat, oleh karena itu pemasangan ban dalam ke ban luar tidak boleh asal-asalan. Ban dalam yang dipasang ke ban luar biasanya dalam kondisi kosong. Padahal, yang benar saat memasang ban dalam harus terisi angin sedikit. Supaya permukaannya tertarik dan tidak melipat di dalam.

Lebih bagus lagi, antara ban dalam dan ban luar dilapisi bedak. Trik ini dilakukan supaya ban dalam dan lapisan luar tidak seret atau lengket. Nah agar menghindari kesalahan pemasangan ban dalam agar awet, Jangan ragu untuk minta pasang ulang jika dirasa belum sesuai standarnya.

Nah saat ini, banyak yang menggunakan nitrogen sebagai bahan pengisi ban dalam, namun banyak mitor yang bereda jika nitrogen tidak cocok digunakan pada ban yang menggunakan tube alias ban dalam, nitrogen hanya cocok digunakan pada ban motor berjenis tubeless.

Ternyata anggapan di atas kurang tepat lho. Dikutip dari Corsatire, nitrogen dapat digunakan di semua tipe ban motor. Partikel nitrogen yang lebih besar dari udara biasa membuat partikel jenis ini  gak gampang keluar dari pelek. Selain itu, nitrogen juga gak gampang menyusut dan memuai sehingga tekanan ban motor lebih stabil.

Umumnya, massa nitrogen lebih ringan sekitar lima persen dari massa angin biasa.  Dari keunggulan nitrogen, bukan tidak mungkin bisa bikin umur pemakaian ban motor lebih lama, termasuk ban dalam. Jadi buat Anda yang masih ragu apakah nitrogen ama digunakan pada motor trail yang menggunakan ban dalam, jawabannya aman-aman sih.

comments

`