caption trialgame

Tujuh Langkah Sempurna Bersihkan Motor Trail

Tuesday, 27 August 2019

Kebersihan motor trail merupakan kunci utama bagi performa serta perawatan motor. Bahkan beberapa pabrikan motor trail ikut memasukin instruksi mencuci dalam manual book yang berikan pada pemilik baru. Biasanya disana dijelaskan hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika membersihkan motor trail. Melalui artikel ini kami akan mencoba menjelaskan tujuh langkah tepat untuk mencuci motor trail Anda. Apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasannya ya.

1. Tahukah Anda bahwa ternyata mencuci motor trail yang baik itu menggunakan air dingin yang berasal dari selang untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada motor. Semprotan air bertekanan tinggi memang cepat dan mudah membersihkan kotoran yang melekat pada motor, tapi juga nggak bagus karena tekanan air yang terlalu tinggi bisa menekan seal dan komponen elektrik yang tentu saja berpotensi merusak motor. Sebaiknya pakai semprotan dengan tekanan air sedang-sedang saja.

2. Campurkan deterjen yang bersifat netral, sebaiknya yang dirancang khusus untuk motor, dengan air ke dalam ember. Gunakan kain lembut atau sponge untuk mencuci motor. Jika diperlukan, gunakan degreaser untuk menghilangkan bekas oli atau grease yang menempel pada motor.

3. Setelah selesai menyabuni motor, bilas motor dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa deterjen yang menempel di motor. Walaupun berfungsi membantu membersikan motor, tapi faktanya sisa-sisa deterjen yang menempel bisa merusak bagian motor jika tidak dibersihkan dengan tuntas.

4. Gunakan kain yang lembut untuk mengeringkan motor. Sambil mengeringkan, Anda bisa memeriksa apakah masih ada kotoran yang tertinggal dan menempel pada bagian motor trail. oh iya jangan biarkan air mengering dengan sendirinya terkena udara karena bisa menyebabkan kerusakaan pada permukaan motor yang dilapisi cat.

5. Hidupkan mesin motor dan biarkan dalam kondisi idle selama beberapa menit. Suhu panas dari mesin dapat membantu mengeringkan banyak area yang sulit dijangkau oleh tangan, terutama di bagian mesin itu sendiri.

6. Kendarai motor dalam kecepatan rendah, kemudian coba lakukan pengereman beberapa kali. Ini untuk membantu bagian rem agar cepat kering dan kembali pada kondisi operasional yang normal.

7. Yang terakhir tentu saja jangan lupa untuk melumasi bagian rantai dan gir motor trail untuk mencegah terjadinya karat ya.

Oh iya sedikit catatan, jika Anda gemar melakukan petualangan di area yang bergaram atau dekat dengan laut, maka wajib hukumnya untuk segera mencuci motor trali dengan menggunakan air dingin. Karena Jika menggunakan air hangat untuk mencuci motor maka akan mempercepat reaksi kimia dari kandungan garam tersebut. Kemudian jika motor sudah mengering, semprotkan cairan anti korosi pada seluruh metal dan lapisan chrome pada motor agar terhindar dari korosi.

comments

`