caption trialgame

Tutorial Mudah Gantai Rantai Motor Trail!

Thursday, 12 August 2021

Tutorial Mudah Gantai Rantai Motor Trail!


Rantai pada motor trail merupakan komponen yang sangat penting, pasalnya rantai berfungsi menghubungkan antara roda belakang dengan mesin sehingga ketika mesin menyala dan mengalami perputaran mesin, roda belakang pun akan ikut berputar sehingga motor trail bisa melaju dengan kecepatan yang diinginkan.

Motor trail masih menggunakan rantai sebegai sistem penariknya sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mengganti rantai motor tersebut sendiri tanpa harus pergi kebengkel motor untuk mengganti rantai motor tersebut.

Untuk mengganti rantai dan gear motor memang hal yang mudah dan sepele, namun jika tidak tahu caranya pasti akan bingung juga. Selain itu bisa jadi lantai yang dipasang pun tidak sesuai dengan kriteria pemasangan rantai motor yang benar.

Nah melalui artikel ini kami akan berikan informasi mengenai cara mudah mengganti rantai dan gear  motor dengan benar. Sehingga motor akan menjadi lebih nyaman saat berjalan ketika sudah diganti rantai dan gaer -nya. Simak ulasannya ya.

Untuk langkah yang pertama siapkan terlebih dahulu rantai dan gear motor yang baru untuk mengganti rantai dan gear motor yang lama. Setelah itu, siapkan alat-alat seperti kunci ring, kunci pas, obeng serta tang. Langkah selanjutnya adalah mencari sambungan pada rantai motor tersebut agar lebih mudah melepaskan rantai motor tersebut.

Nah, setelah rantai terlepas, kendorkan dan lepaskan as roda belakang motor. Buka semua baut yang terhubung dengan roda belakang agar nantinya lebih mudah dalam melepas gear pada roda belakang. Dan setelah baut pada roda belakang terlepas silahkan beralih ke bagian depan untuk melepas cover pelindung gear depanya. Didalam cover tersebut memang terdapat sebuah gear kecil yang menyambung langsung ke bagian mesin. Nah, pada bagian ini Anda juga harus melepas semua baut yang menempel pada gear tersebut.

Setalah gear depan terlepas, maka langkah selanjutnya adalah tinggal melepas gear yang menempel pada roda belakang dengan membuka epat buah baut pengikat gear pada roda belakang tersebut. Dan setelah terlepas semua baut tersebut, anda bisa mengganti gear pada motor dengan yang baru.

Jangan lupa kencangkan semua baut pengikat gear tersebut, baik yang ada pada roda belakang dan juga gear yang terhubung langsung dengan mesin motor. Setelah gear motor terpasang, tinggal memasang kembali roda belakang dan kencangkan baut as pada roda belakang motor tersebut.

Setelah itu Anda tinggal memasang rantai motor yang baru dengan mencari dan memasang pada sambungan rantai agar lebih mudah. Setel rantai dengan presisi. Usahakan jangan sampai terlalu kendor dan jangan terlalu kencang juga agar rantai lebih awet nantinya. Untuk finishing touch, Anda bisa semprot dengan minyak pelumas agar rantai dan gear motor lebih awet dan tahan lama.

 

comments

`