caption trialgame

Ubahan Ciamik Yamaha XT600E

Thursday, 22 August 2019

Para pelaku modifikasi motor trail memang selalu tidak pernah berhenti membuat orang berdecak kagum dengan karya-karyanya. Dengan segala imajinasi dan inovasi, mereka bisa membuat motor trail lama tampil berbeda dengan sentuhan retro, scrambler atau lainnya.

Nah salah satu karya modifikasi yang patut diacungi jempol adalah milik Pancake Customs yang bermarkas di Belanda ini. Mereka merubah motor trail enduro klasik yaitu Yamaha XT600E keluaran 1996, menjadi sebuah motor scrambler dengan tampilan kekinian.

Yamaha XT600E sendiri merupakan motor enduro yang populer karena kekuatannya. Gak heran jika kemudian motor jenis ini bertahan diproduksi hampir 20 tahun sejak pertama kali dirilis pada tahun 1984 silam.

Pancake Customs merombak motor trail ini menjadi motor scrambler all purpose yang super sangar. Nah untuk bisa mewujudkan ambisinya hampir semua bagian dari motor trail ini mengalami perombakan. Mulai dari mempreteli semua body kit hingga tak bersisa, yang kemudian dilanjut merombak bagian subframe. Di atas subframe baru ini terpasang jok custom yang tampak serasi dengan tangkinya yang berukuran mungil.

Bagian bawah jok juga dibuat ringkas dan mengekspos monoshock-nya yang besar. Geser ke bagian depan, head lamp menggunakan lampu LED yang ditanam pada number plate ala flat tracker. Pancake Custom juga tak lupa membuatkan sepatbor depan-belakang baru dari bahan pelat besi.

Sementara untuk kaki-kaki, tak ada ubahan yang mencolok kecuali peleknya yang diberi kelir hitam senada bodinya. Hasilnya, motor ini tampak begitu ganas dengan tampilan barunya ditambah warna hitam yang menyelimutinya.

Untuk bagian mesin tidak mengalami perubahan. Masih menggunakan mesin satu silinder 4-tak yang menggunakan sistem air cooled untuk pendinginnya. Mesin ini mampu menghadirkan tenaga sampai dengan 39hp dengan kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah 140 kilometer per jam. Cukup kencang bukan untuk ukuran motor trail?

Yamaha XT600E saat ini boleh dibilang sebagai motor trail yang paling sering dijadikan bahan modifikasi oleh para customer luar negeri. Body yang kokoh dan tenaga yang sangar, menjadi alasan mengapa motor ini menjadi pilihan utama mereka.

comments

`