caption trialgame

Ukuran Ideal Tekanan udara Ban Offroad

Sunday, 1 March 2020

 

Salah menentukan tekanan udara dalam ban, akan membuat Anda kerepotan mengendarai motor trail sehingga dampaknya akan sering terjatuh di medan offroad. Jika Anda sudah menggunakan ban motor merk terkenal dengan harga jutaan namun masih sering terpeleset saat mengendarai motor trail, kami jamin masalahnya ada pada tekanan udara ban itu.

Sebelum lebih jauh membahas tekanan udara dalam ban, kami akan sedikit beberkan mengenai beragam macam ban yang sering digunakan oleh motor trail kegiatan off road. Umumnya ada tiga macam ban untuk off road, antara lain ban tipe hard yang biasanya dipakai untuk melintasi hard terrain seperti tanah yang keras dan bebatuan. Kemudian ada tipe ban soft untuk track basah, berlumpur, hingga track berupa pasir. Dan yang terakhir adalah ban intermediate menawarkan perpaduan antara soft dan hard, yang artinya masih oke ketika dipakai di medan off road yang kering dan tidak terlalu buruk saat masuk ke jalur off road basah.

Setiap pengendara motor trail memang memiliki preferensi masing-masing mengenai tekanan udara dalam ban yang sesuai dengan selera mereka. Biasanya tekanan yang digunakan tidak terlalu jauh dari angka 12 psi untuk ban depan dan 13 psi untuk ban belakang.

Tapi jika Anda mencari kesempurnaan maka kami berikan sedikit kisi-kisi tentang tekanan udara dalam ban berdasarkan tipe ban yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan ban tipe hard kami sarankan untuk menggunakan tekanan udara 11,5 psi di bagian depan dan 11 psi di bagian belakang. Sementara bagi para penggunaa ban intermediate, tekanan udara 12 psi pada ban depan dan 13 psi pada ban belakang adalah angka ideal. Untuk ban soft, cukup menggunakan tekanan udara 12 psi pada ban depan dan 10 psi pada ban belakang.

Oh iya sebaiknya pengukuran tekanan ban dilakukan ketika ban dalam kondisi dingin. Karena dalam kondisi panas, udara di dalam ban akan memuai dan membuat pengukuran tekanan udara menjadi tidak valid. Gunakan juga alat pengukur yang berkualitas, karena ada beberapa alat yang tidak bisa melakukan pengukuran dengan tepat pada tingkat psi rendah. Pastikan juga tutup pentil ban motor trial Anda dalam keadaan baik dan terpasang dengan benar untuk menghindari terjadi kebocoran udara.

comments

`