caption trialgame

Ulas Tuntas Bersihkan Karburator Motor Trail

Tuesday, 3 March 2020

 

Karburator merupakan komponen pada mesin motor yang berfungsi untuk menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran, dan oleh karena itu komponen ini wajib dibersihkan secara rutin. Karena jika kotor akan mengganggu kinerja mesin.

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai penyebab kotornya sebuah karburator dan melalui artikel ini kami akan mengulas mengenai cara memembersihkan karburator dengan benar. Langkah pertama dalam cara membersihkan karburator motor yaitu melepas karburator dengan hati-hati. Untuk melepasnya, sangat disarankan untuk dilepaskan secara hati-hati dari dudukan atau manifold supaya Anda nantinya lebih mudah ketika membersihkan bagian-bagian dari karburator motor yang kotor.

Selanjutnya, pembersihan filter udara juga merupakan salah satu langkah membersihkan karburator pada motor Anda. Untuk membersihkan di sektor filter udara ini, akan lebih mudah jika bagian ini dilepas terlebih dulu.

Nah, untuk proses pembersihan pada filter udara ini, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus dan setelah selesai diamkan beberapa saat sampai cairan pembersih mengering sendiri.Cara membersihkan karburator berikutnya yaitu dengan membuka mangkuk karburatornya. Caranya, lepas seluruh baut pengaitnya kemudian cek apakah ada kotoran yang mengendap atau pun menempel. Periksa juga apakah bagian ini juga terkontaminasi dengan air.

Jika memang ada kotoran maka bersihkan bagian ini dengan menggunakan kuas kecil yang lembut. Kemudian, jika dirasa sudah bersih maka bilaslah dengan bensin dan jangan menggunakan air. Bahkan, untuk membersihkan kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan semprotan udara bertekanan tinggi supaya kerak maupun kotoran bandel yang menempel ikut terlepas.

Pembersihan bagian pilot jet, main jet, dan needle jet juga perlu dilakukan. Untuk membersihkannya, Anda perlu melepasnya satu per satu dengan hati-hati lalu segera bersihkan supaya karburator bisa bekerja kembali. Cara membersihkan karburator dengan pembersihan pilot jet, main jet, dan needle jet ini pun bisa Anda lakukan dengan menggunakan kompresor agar proses pembersihannya menjadi lebih maksimal.

Selan itu, membersihkan spuyer karburator juga penting dilakukan. Pada bagian ini, bisa dibilang cukup penting untuk dibersihkan karena nantinya sangat berpengaruh pada kinerja mesin pada motor Anda. Nah, untuk proses pembersihannya juga terbilang mudah. Sebab, Anda bisa dengan menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Yang perlu diperhatikan yaitu ketika dalam proses membersihkan, Anda harus benar-benar berhati-hati supaya tak merubah ukuran dari diameter spuyer kompresor. Sebab, apabila cara membersihkan karburator yang satu ini salah dan spuyer kompresor ini mengalami perubahan pada ukuran diameternya maka akan sangat dimungkinkan mesin motor Anda tidak bisa dihidupkan.

Tentunya, hal ini justru sangat fatal jika tak dilakukan secara hati-hati. Maka dari itu, kehati-hatian dan ketelitian ketika menginjak proses ini mutlak diperlukan agar penerapan cara ini menjadi lebih maksimal.

Langkah yang terakhir yaitu merakit dan memasangnya kembali dengan benar. Langkah ini dilakukan tentunya setelah seluruh bagian pada karburator sudah dibersihkan. Jangan lupa juga untuk mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel tingkat ketinggian pelampung bensin. Untuk mengatur ketinggian pelampung bahan bakar ini Anda bisa dengan menggunakan jangka sorong.

Apabila sudah selesai semua maka Anda rakit dulu seluruh komponen dari karburator yang sudah dilepas tadi. Kemudian, pasang karburator pada dudukannya seperti semula. Cara membersihkan karburator pada motor Anda pun sudah selesai.

Jika Anda baru pertama kali melakukan hal ini tidak perlu khawatir, yang terpenting adalah cobalah untuk selalu mengingat serta memperhatikan dengan teliti seluruh posisi komponen pada karburator. Langkah ini bisa Anda lakukan sebelum membongkar dan melepaskan bagian per bagian dan tentunya akan sangat membantu Anda dalam cara membersihkan karburator ketika menginjak pada proses perakitan dan pemasangan kembali setelah pembersihan karburator selesai dilakukan. Nah selamat mencoba.

 

comments

`