caption trialgame

Ulik Perfoma Honda CT125

Wednesday, 9 September 2020

Ulik Perfoma Honda CT125


Setelah pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai spesifikasi bebek trail Honda CT125, kali ini kami akan mengulik mengenai perfoma motor yang merupakan adaptasi Super Cub C125 namun dengan versi off-road. Tentu banyak yang penasaran, karena dengan harga yang terhitung premium, apakah performa Honda CT125 sesuai dengan ekspektasi atau hanya tampilannya saja yang berkesan offroad? Simak terus ulasannya ya.

Mesin CT125 sama dengan yang digunakan dengan Super Cub 125 namun mengalami sedikit modifikasi agar mempunyai karakter tenaga pada putaran rendah hingga sedang. Output maksimumnya adalah 8,8 hp (0,9 hp lebih rendah dari Super Cub C125) dan torsi maksimumnya meningkat hingga 1,1 kgm (0,1 kgm lebih besar dari Super Cub C125). Mungkin perbedaannya tidak terlalu besar dari segi angka, namun segera terasa begitu motor dipacu. CT125 lebih menderu pada putaran rendah dan sedang. Selain itu, gasnya juga bekerja lebih baik dan responsif dengan mesinnya.

Layaknya motor-motor offroad maka tikdah heran jika CT125 memiliki tenaga yang bisa diandalkan pada gigi rendah dan handlingnya pun terbilang sama persis dengan motor trail karena sangat lihai bermanuver pada jalanan menanjak dan menukik. Nah karena memang motor offroad maka akan terasa sedikit loyo saat mencoba digeber pada kecepatan tinggi, karena memang offroad biasanya membutuhkan tenaga yang besar pada gigi-gigi rendah.

Saat digas di medan offroad atau on road , CT125 Hunter Cub mampu melaju dengan stabil. Handlingnya juga lincah dan gesit, Anda bisa meliuk-liuk dengan mudah. Ini berkat ukuran motor dan pengaturan pusat gravitasi yang sempurna.

Dengan lebar dan tinggi handle bar yang berukurun 805 mm dan 1.085mm, motor ini memiliki handling yang cukup mudah. Kendati memiliki tinggi jok 800mm namun tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan motor trail. ground clearancenya pun cukup lumayan sekitar 165 mm, cukup untuk menghindari motor ini terbentur beragam handicap di medan offroad.

Shock depan CT125 merupakan tipe teleskopik dengan segitiga atas dan strukturnya sangatlah unik. Sementara pada shock belakang CT125 menggunakan shock dengan tipe per yang panjang dan begitu Anda menaikinya, Anda akan langsung paham kalau motor ini memang dirancang untuk mampu melibas jalanan yang tidak rata.

Oh iya untuk pertama kalinya pada motor Cub series, CT125 dilengkapi dengan rem cakram pada bagian depan dan belakangnya. Respon dan performa pengeremannya memang lebih baik dari rem tromol dan tidak dapat dipungkiri perbedaan ini membawa perubahan yang besar.

Untuk meningkatkan kekokohan body motor , tiap jengkal dari rangka CT125 Cub telah diperkuat. Ini adalah konfigurasi sasis yang membedakan CT125 dengan motor Cub lainnya. CT125 memiliki berat 120 kg, dengan sudut caster, trail, dan jarak sumbu rodanya juga meningkat sedikit dari Super Cub C125 yang membuat motor ini lebih stabil, responsif dan lincah baik pada medan on-road maupun off-road.

comments

`