caption trialgame

Untung Rugi Motor Pakai Ban Dual Purpose!

Thursday, 1 April 2021

Untung Rugi Motor Trail Gunakan Ban Dual Purpose


Tidak sedikit pengguna motor trail di Indonesia yang menggunakannya untuk kegiatan harian. Tapi untungnya sebagian besar sudah mengetahui jika ban offroad atau ban tahu, tidak cocok digunakan untuk kegiatan harian. Karena hanya blok-blok yang kontak terhadap aspal, jadi traksi lebih sedikit. Maka saat kondisi hujan di jalan aspal berpotensi terjadi slip.

Untuk itulah banyak pengguna motor trail memilih menggunakan ban dual purpose jika tunggangan mereka sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Alasannya beragam, hanya yang paling banyak adalah ban jenis ini lebih tahan banting, bisa diajak berkendara di berbagai macam medan jalanan, baik off-road maupun on-road.

Namun di luar keandalannya, ban jenis dual purpose sebenarnya juga memiliki kekurangan. Penggunaan ban dual purpose tentu saja memiliki nilai plus dan minus. Yang seru tentu saja durabilitasnya, sementara kekurangannya, salah satunya adalah keandalan tipe ini tidak terasakan bila hanya digunakan di medan on-road. Untuk lebih jelas, kami akan coba beda plus dan minus menggunakan ban dual purpose pada motor trail Anda ya.

Yang pertama adalah nyaman digunakan berkendara dalam berbagai medan jalan. Dengan ban motor jenis dual purpose ini, tak perlu khawatir lagi soal melewati jalanan yang rusak, kurang mulus, berbatu dan lain-lain. Karena pengalaman berkendara tidak akan terganggu dengan kondisi jalanan yang buruk.

Sebaliknya, ban ini akan memberikan kenyamanan meski harus melewati medan yang kurang ramah dengan kendaraan. Hal ini didukung motif dari tapak ban serta material pembuatannya, yang membuat jenis ini jauh lebih awet dan sigap untuk menerabas berbagai macam medan jalanan.

Ban jenis ini juga tidak mudah aus, karena terbuat dari material berkualitas dan berbeda dengan ban on-road pada umumnya, ban dual purpose memiliki usia pakai yang cukup panjang serta tidak mudah aus. Bisa digunakan berkendara kapan pun, di medan apapun tanpa harus takut ban motor mengalami kondisi gundul dalam waktu yang singkat. Oh iya, ban jenis ini lebih mulus saat digunakan berkendara di tikungan. Permukaan ban dual purpose ini memiliki kekuatan yang cukup baik. Hal ini memungkinkan ban dapat memperluas landasan serta lebih nyaman saat digunakan untuk melewati tikungan.

Lantas apa saja nilai minusnya? Biasanya ban jenis ini memiliki kekurangan pada kekuatan cengkeraman atau daya cengkeram yang kurang jika dibandingkan dengan ban on-road pada umumnya.Terlebih jika Anda hanya menggunakan ban untuk berkendara di jalan raya tanpa pernah menggunakannya di medan jalan yang terjal. Jika Anda gemar melakukan manuver dengan kecepatan tinggi, sangat tidak dianjurkan menggunakan ban model dual purpose, karena memang bentuk kembangan yang tidak mendukung, salah-salah melakukanya bisa berakibat Anda terjatuh dari motor Anda.

comments

`