caption trialgame

upgrade rem jangan asal 'hedon'!

Monday, 12 December 2022

Baca Dulu Sebelum Upgrade Rem Motor Trail Anda


Modifikasi perangkat pengereman memang jadi salah satu tren di dunia sepeda motor. Namun modifikasi yang dilakukan pada dasarnya harus menimbang sisi keselamatannya juga, tidak hanya untuk gaya. Upgrade pengereman yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan roda dua seperti mengganti master rem, kaliper, kabel, dan cakram.

Pada penggunaan motor trail sehari-hari, apakah upgrade perangkat pengereman tersebut dibutuhkan? Atau terlalu berlebihan? Dari sektor keamanan sebenarnya rem standar pabrikan sudah memenuhi standar keamanan. Mengganti perangkat rem kembali kepada pemilik kendaraannya. Original equipment manufacturer (OEM) milik pabrikan motor itu sudah memenuhi standar-standar safety untuk pemakaian sehari-hari dan , tidak over used. Jadi untuk penggunaan motor secara harian rasanya tidak perlu mengupgrade rem ya.

Meningkatkan sistem pengereman pada motor harian, berpengaruh pada beberapa hal.  Rem yang terlalu pakem membuat ban lebih mudah selip karena jalan raya yang tidak mudah ditebak kondisi lalu lintas dan jalannya yang berpasir atau berlubang.

Kemudian, kestabilan motor juga akan terganggu kalau upgrade pengereman tidak diimbangi dengan setelan motor. Motor harian yang ringan tetapi remnya terlalu pakem, membuat motor oleng ketika melakukan hard braking. Dan terakhir, saat berjalan pada kecepatan rendah, akan terasa kurang nyaman karena motor ajruk-ajrukan ketika direm.

Agar ketiga hal di atas bisa dikendalikan, pengendara harus melatih feeling pengereman dengan piranti yang baru. Jadi sekali lagi rasanya untuk motor harian tidak perlu upgrade piranti pengereman, kecuali memang akan digunakan untuk balap di sirkuit.

Nah buat Anda yang masih tetap ngotot untuk mengupgrade rem, tapi punya budget terbatas, bisa melakukan upgrade secara ketengan alias per-komponen. Soal komponen apa yang sebaiknya di upgrade lebih dulu, simak ulasan kami berikut ini.

 Kalau mau yang performa-nya langsung terasa, Anda bisa ganti kaliper rem lebih dulu. Karena kaliper rem itu yang paling menentukan kekuatan pengereman motor. Upgradenya juga tidak usah mahal-mahal, pakai kaliper copotan motor lain yang jumlah pistonnya lebih banyak satu dari standar aja cukup.

Hal kedua yang selanjutnya bisa jadi incaran adalah piringan cakram dengan diameter yang lebih besar. Alasannya, diameter cakram yang lebih besar akan membantu meringankan beban kaliper dalam menghentikan laju motor. Tapi bukan berarti harus pasang yang paling gede, harus disesuaikan juga dengan kaliper motor. Kalau diameternya terlalu besar gigitannya gak akan sempurna.

Mengganti kaliper dan cakram saja sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan performa sistem pengereman sebuah motor secara signifikan.  Anda tidak perlu ganti selang rem baja braided jika hanya digunakan harian, kecuali memang jika digunakan untuk ajang kompetisi. Karena selang rem karet masih kuat dipakai hard braking selama nggak bertubi-tubi.  Sedangkan master rem depan itu hanya perlu diganti kalau memang tidak mampu memompa kaliper, biasanya jarak main tuas rem jadi terlalu jauh meskipun sudah bleeding rem dengan benar. Nah gimana? Masih mau upgrade rem motor trail Anda?

 

 

comments

`