caption trialgame

Virus Corona Tunda Kegiatan Bermotor Trail

Tuesday, 17 March 2020

 

Kondisi negeri yang tidak kondusif akibat wabah virus corona, membuat sebagian besar kegiatan yang mengumpulkan massa dibatasi. Salah satu imbasnya adalah kegiatan bermotor trail. Ada banyak beragam kegiatan trabas, lomba dan gathering yang dibatalkan, demi mencegah penyebaran virus ini.

Jika pemilik motor trail dual sport, mungkin masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, bagi pemilik motor trail special engine atau enduro sudah pasti tunggangan mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di garasi dibandingkan medan offroad. Lantas amankah menyimpan motor trail dalam jangka waktu yang lama tanpa digunakan? Jika Anda masih sempat, kami sarankan untuk memanaskan motor trail tersebut minimal dua hari sekali selama 10 menit.

 

Tapi jika ternyata Anda tidak memiliki waktu, pastikan untuk melakukan 7 hal di bawah ini agar penyimpanan motor trail tidak merusak beragam komponennya.

 

1. Ganti oli mesin.

2. Keluarkan semua bahan bakar dari tanki lewat keran tanki motor. Semprot bagian dalam tangki dengan aerosol rust-inhibiting oil (oli pencegah karat dari kaleng penyemprot). Pasang kembali tutup tangki bahan bakar.

3. Lakukan pencegahan terjadinya karat di dalam silinder.

4. Lepaskan baterai aki motor. Simpanlah di tempat yang terlindungi dari suhu membeku dan sinar matahari langsung. Isilah aki sekali sebulan dengan muatan listrik dengan amper rendah.

5. Cuci dan keringkan motor trail. Berikan lapisan wax ke semua permukaan yang dicat. Berikan lapisan oli pencegah karat pada semua part dari chrome.

6. Pompalah kedua ban dengan tekanan udara yang dianjurkan. Letakkan motor di atas penyangga sehingga kedua ban terangkat dari permukaan.

7. Tutupilah motor trail dengan menggunakan penutup motor dan simpan di ruangan yang tidak diberikan pemanasan, bebas dari kelembaban dan dengan variasi suhu harian yang sesedikit mungkin. Ingat hindari kontak langsung dengan sinar matahari ya.

 

Dan jika saatnya tiba, dan motor trail Anda akan digunakan kembali, kami sarankan untuk mengganti oli kembali dengan yang baru sebelum menggunakanya. Kendati sebelum menyimpan Anda telah menggantinya. Kemudian ssilah aki dengan muatan listrik sesuai dengan ketentuan dan kembali pasang aki pada motor trail.

Hidupkan mesin motor trail. Dan panaskan beberapa menit saja. Cek semua kondisi motor trail apakah sudah sesuai dengan buku panduan. Jalankan motor trail dengan kecepatan rendah dulu. Jika dirasa ada yang janggal, sebaiknya mampir ke bengkel kepercayaan Anda untuk mengkonsultasikan masalahnya.

 

comments

`

Kontol