caption trialgame

Volta Siap Sapa Penggemar Motor Trail Listrik Indonesia!

Wednesday, 13 April 2022

Volta Siap Sapa Penggemar Motor Listrik Indonesia!


Ajang Indonesia International Motor Show setiap tahunnya selalu menyajikan hal menarik. Para produsen mobil dan motor berlomba memamerkan produk terbaru mereka. Di antara produk tersebut ada yang memang langsung dipasarkan dan ada pula yang hanya di pertontonkan saja. Nah salah satu produk yang paling banyak menyita perhatian selama gelaran Indonesia International Motor Show  2022 adalah motor listrik produksi Volta Indonesia Semesta.

Produsen kendaraan listrik asal Semarang, Jawa Tengah memperkenalkan dua buah jenis motor listrik di  IIMS Hybrid 2022 yakni Volta Patriot dan Godam. Kedua motor ini terhitung unik karena mengusung tema superhero lokal yang merupakan lisensi dari Bumi Langit Komik.

Volta Patriot bergaya naked sport dan Volta Godam yang mengisi segmen motor garuk tanah alias trail. Hingga saat ini proses pengujian terhadap kedua motor bebas polusi tersebut sedang dilangsungkan. Khusus untuk Volta Godam yang memiliki fungsi sebagai motor trail diproduksi secara terbatas hanya 25 unit saja di seluruh Indonesia. Agar makin eksklusif bakal diberi keterangan nomor seri pada kendaraan. Sementara untuk motor listrik Volta Patriot yang memiliki tampilan naked sport akan diproduksi secara umum.

Kedua motor listrik ini sebetulnya belum mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SRUT). SRUT itu berisikan berapa item pengujian, mulai dari kebisingan suara, efisiensi rem, kincup roda, klakson, lampu utama, berat, kesesuaian daya mesin penggerak, ban serta roda, speedometer, hingga radius putar kendaraan.

Belum ada informasi lengkap menyoal spesifikasi kedua motor listrik tersebut. Namun dari keterangan CEO Volta, Iwan Suryaputra, khusus untuk Patriot akan dibekali dinamo berkapasitas 3.000 watt yang kecepatan puncaknya bisa menyentuh 135 kpj. Jangkauan jarak yang bisa ditempuh saat baterai terisi penuh 50 km. Tapi yang menarik, kedua motor ini memiliki 2 slot penyimpanan baterai yang jika dikalkulasi artinya memiliki jarak tempuh sampai 100 km.

Sementara Volta Godam dibenamkan dinamo listrik yang sama yakni 3.000 watt namun kecepatan puncaknya hanya 110 kpj. Opsi baterainya juga dihadirkan dengan 2 pilihan, pertama yang lebih advanced untuk kebutuhan terabas dan yang kedua model swab untuk kebutuhan mobilitas harian. Godam bisa menerabas kedalaman air sampai 60 cm. Kemudian penggunaan baterai yang outdoor bisa sampai 120 km untuk daya jangkaunya.

Unit Volta Patriot dan Godam yang dipajang di pameran IIMS Hybrid 2022 sudah berstatus final. Tapi nantinya jika hasil dari SRUT mengharuskan ada revisi, mau tak mau pihak Volta akan melakukan penyesuaian.

“Rencana kita menjual keduanya setelah bulan Juli, atau sebelum September (2022). Tapi sekarang jika konsumen berminat, sudah bisa dipesan tanpa bayar apapun. Harga belum ada, kami masih mengurus uji tipe termasuk besaran pajaknya belum keluar,” jelas Iwan Suryaputra, seperti dikutip oto.com

comments

`