caption trialgame

wajib paham kompresi, biar ngga asal modifikasi!

Tuesday, 20 September 2022

Semakin Paham Urusan Kompresi Mesin Motor Trail


Saat ini semakin banyak penyedia bahan bakar kendaraan yang beredar di Indonesia. Selain Pertamina sebagai pemain utama distribusi bahan bakar, ada beberapa perusahaan asing sejenis yang berebut menjadi distributor bahan bakar di Indonesia.

Nah tentu hal ini semakin membuat Anda sebagai pemilik kendaraan memiliki banyak pilihan bukan tapi Anda juga harus harus mengetahui rasio kompresi mesin dan kebutuhan BBM-nya.  Karena Jika salah memilih bahan bakar yang sesuai, resikonya mesin jebol.

Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder saat piston berada pada titik terendah dan tertinggi. Bila perbandingan volume yang ada di piston ini semakin tinggi terhadap saat piston di bawah, maka dapat diartikan bahwa bahan bakar dalam jumlah semakin besar yang terkompresi di silinder.

Rasio kompresi semakin tinggi semakin akan memudahkan bahan bakar terbakar spontan. Sehingga rasio kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar yang semakin tahan terhadap tekanan agar tidak terbakar spontan kecuali ada percikan api dari busi.

Pada bahan bakar kemampuan itu ditentukan oleh nilai RON (Research Octane Number) atau oktan. Sehingga semakin besar rasio kompresi akan semakin butuh BBM dengan oktan tinggi. Jika kurang maka yang terjadi adalah ledakan spontan sebelum piston mencapai titik kompresi idealnya, yang ditandai dengan bunyi ngelitik. Tentu saja jika, terlalu lama mengalami gejala ngelitik atau knocking ini, part silinder bisa jebol. Atau setidaknya bahan bakar menjadi boros. Parahnya, pada ruang bakar bisa terjadi deposit karbon yang bisa membuat linear baret dan kompresi berkurang, dan motor pun tidak bertenaga.

Maka penggunaan BBM dengan nilai oktan yang tepat akan membantu pembakaran bahan bakar yang baik untuk motor, sehingga usia mesin lebih lama. Selain itu penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai, hanya akan membuang uang karena tidak berpengaruh signifikan pada mesin. Jadi lihat ulang yuk manual motor trail Anda, dan pastikan sudah menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin, sehingga motor trail Anda bisa berfungsi dengan optimal.

 

comments

`