caption trialgame

Waktu Tepat Bawa Motor Ke Bengkel Sebelum Mudik!

Wednesday, 20 April 2022

Waktu Tepat Bawa Motor Ke Bengkel Sebelum Mudik!


Ayo siapa yang sudah bersiap untuk mudik lebaran ini? Rasanya mulai minggu depan, gelombang pemudik sudah mulai berbondong-bondong meninggalkan kota-kota besar di Indonesia untuk kembali pulang ke kampung halaman setelah 2 tahun tidak diperbolehkan juga.

Jika Anda berencana menggunaka motor trail kesayangan Anda untuk mudik, maka diperlukan beragam persiapan khusus ya sebelum mudik. Salah satunya dengan melakukan servis pada motor yang akan dipakai untuk mudik, dengan tujuan agar motor tidak mengalami masalah selama perjalanan.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk servis motor sebelum mudik? Disarankan sih melakukan servisnya 1 bulan sebelum mudik, maksimal 2 minggu sebelum mudik. Maklum saja menjelang mudik biasanya  bengkel-bengkel diserbu oleh para pemudik. Nah mendekati hari H biasanya semakin ramai yang datang ke bengkel.

Jika waktu servis terlalu mepet dengan waktu mudik, ditakutkan kalau ada perbaikan yang berat pada motor, malah tidak sempat dikerjakan dan harus menunggu sampai selesai lebaran. Jadi untuk mengantisipasinya, makanya servis motor lebih baik dilakukan jauh-jauh hari sebelum mudik.

Lalu, kira-kira perawatan seperti apa sih yang diperlukan motor sebelum mudik? Cukup dengan servis ringan atau harus servis besar? Sebenarnya semua tergantung kondisi motor sebelumnya ya. “Jika kondisi mesin masih bagus hanya perlu diservis ringan seperti servis rutin biasa.

Perawatan yang dilakukan saat servis ringan meliputi ganti oli mesin. Selain ganti oli, seluruh komponen dilakukan pengecekan, seperti pengereman, kelistrikan, sistem bahan bakar sampai sensor-sensor kalau motor injeksi. Jika kondisi motor tidak baik, seperti suara mesin kasar dan mengeluarkan asap putih dari knalpot perlu servis besar. Kalau keluar asap putih dari knalpot harus servis besar, ganti komponen jeroan mesin seperti piston, ring piston dan seal klep dan sudah pasti bakal membuat Anda merogoh kocek ekstra.

Nah jika kondisi motor sudah diperiksa, tentu kegiatan mudik Anda bakal menjadi lebih aman dan nyaman hingga selamat sampai di tujuan.

comments

`