caption trialgame

Waspada, Ada Inovasi Baru Cegah Trabas Ilegal!

Thursday, 25 March 2021

Waspada, Ada Inovasi Baru Cegah Trabas Ilegal!


Kegiatan trabas memang lumrah dilakukan oleh para penggila motor trail, namun tidak jarang juga banyak dari mereka yang melakukan kegiatan ini di daerah yang tidak diperuntukan untuk kegiatan offroad. misalnyaa beberapa waktu lalu marak beredar kabar trabasan ilegal yang dilakukan di Area Gunung Sumbing oleh beberapa selebritis, padahal area tersebut tertutup untuk kegiatan trabasan.

Ternyata trabasan ilegal bukan hanya di Indonesia, negara maju macam Inggris pun menghadapi masalah yang sama. Pihak kepolisian Inggris, seperti dikutip dari riderapart.com, mengatakan bahwa akhir-akhir ini mereka banyak mendapatkan keluhan dan laporan akan banyaknya orang yang melakukan kegiatan motor trail secara ilegal di lahan milik mereka.

Inggris memiliki luas hutan dan bukit sebesar 12.120 mil persegi dan hampir 70% nya merupkan milik pribadi. Tak heran jika terhitung sulit untuk mendapatkan ijin melakukan trabasan di negara ini. Untuk mencegah semakin marakanya trabasan liar, Kepolisian Inggris melakukan trobosan dengan menggunakan drone atau kamera terbang, untuk melakukan patroli di daerah yang sering menjadi kegiatan trabasan liat.

Hal ini dilakukan untuk memastikan perdamaian dan ketertiban daerah pedesaan yang kerap diganggu oleh orang-orang yang secara ilegal berlatih olahraga enduro riding. Selain itu, banyak keluhan telah diajukan mengenai kebisingan berlebihan, terutama oleh kendaraan off-road 2-tak yang melintasi pedesaan.

Lalu apa yang terjadi jika para pelanggar itu tertangkap? Ternyata, hukuman untuk enduro ilegal cukup besar. Sebagai contoh di daerah i Nottinghamshire, motor yang digunakan untuk aktivitas ini bisa disita oleh aparat, dan kemudian akan dihancurkan tanpa bisa dikembalikan ke pemiliki semula. Kalo dipikir-pikir masih mending razia knalpot bising yang dilakukan Polri belum lama ini ya.

 

 

comments

`