caption trialgame

Waspada, Busi Motor Juga Bisa Patah!

Tuesday, 30 March 2021

Resiko Busi Motor Patah


Bukan seusatu yang sering terjadi, tapi bukan berarti tidak pernah terjadi, busi pada motor trail Anda bisa patah lho. Sama halnya seperti mur dan baut di motor, busi juga bisa slek dan patah sehingga merepotkan saat ingin dilepas. Penyebab utama busi patah umumnya akibat pemasangan yang terlalu kencang atau dibuka paksa saat mesin masih panas, Hal lain yang membuat busi patah adalah mencoba melepas busi bukan dengan kunci yang seharusnya.

Selain itu, ada kebiasaan yang ternyata juga dapat mengakibatkan busi motor bisa slek atau bahkan patah di mesin. Melumasi ulir busi pakai cairan pelumas juga salah, hal ini dapat merusak ulir dan membuat nilai torsi pengencangan berubah sehingga rawan patah. Agar busi terpasang dengan lancar, pastikan mesin dalam kondisi dingin dan lubang busi dalam keadaan bersih. Sebagai informasi, daya torsi pengencangan busi di tiap motor punya angka berbeda yang bisa di cek pada buku panduan ya.

Akibat salah teknik saat pasang sendiri, busi motor bisa saja patah di dalam. Kalau sudah begitu mau enggak mau harus berurusan dengan tukang bubut.Ssaat mengencangan busi langsung pakai kunci busi pengguna motor enggak tahu posisi busi sudah tepat atau belum.Kalau dipaksakan, busi bisa rusak bahkan patah di dalam, jadinya repot. Makanya, disarankan untuk mengencangkan busi menggunakan tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan kunci busi.

Setelah ulir busi sudah sesuai dengan ulir yang ada di head silinder baru bisa dikencangkan dengan kunci busi. sampai busi sudah bisa tidak bisa diputar dengan tangan dan ulirnya sudah pas baru kita mengencangkan busi dengan kunci busi. Berarti saat pasang busi, gunakan dan putar busi dengan tangan terlebih dahulu. Tujuannya agar drat pada busi masuk dan sesuai pada alur di head silinder.  Setelah busi tidak bisa diputar oleh tangan, gunakan kunci busi agar busi enggak patah di dalam akibat drat yang tidak pas.

Oh iya ternyata hujan juga bisa membuat resiko busi patah semakin besar. Hujan di Indonesia biasanya memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Karena itu disarankan mengelap busi jika usai melewati genangan air. Pasalnya unsur asam dapat mempercepat karat pada busi. Kuncinya kalau motor habis melewati genangan air, atau merasa si busi berpotensi terkena air, mending dibuka, lalu dikeringinkan. Jangan biarkan busi menjadi lembab.

Selain itu, pastikan busi sudah tertutup rapat saat berkendara di tengah hujan lebat. Sebab jika tidak rapat, ini menjadi potensi besar korosi.  Jika lama dibiarkan, ketika servis motor maka membuka busi menjadi susah akibat telah terjadi karat. Jika parah, dampaknya bisa menyebabkan busi menjadi patah saat dibuka. Bagian metal shell sama insulator bisa patah ketika diputar sama kunci busi.

comments

`