caption trialgame

Waspada Gangguan Telinga Saat Trabasan

Monday, 5 February 2024

Waspada Gangguan Telinga Saat Trabasan


Pernah gak saat trabasan di daerah pegunungan atau dartaran tinggi, tiba-tiba merasa telinga Anda berdengung? Ketika Anda berkendara di dataran tinggi atau daerah dingin dalam waktu yang cukup lama, gangguan telinga berdengung atau terasa budek sebelah sering terjadi. Nah gangguan ini biasanya disebut dengan nama tinnitus.

 Lalu hal apa yang menyebabkan ketidaknyamanan pada telinga ini terjadi? Dalam bahasa medis kondisi ini dinamakan Tinnitus. Perasaan telinga seperti budeg saat naik mobil, motor atau pesawat adalah hasil dari perubahan tekanan udara.Perubahan tekanan udara ini mengganggu saluran Tuba Eustachius atau menyebabkan sumbatan pada tuba.

Saluran Tuba Eustachius adalah saluran panjang yang terletak di antara telinga tengah dan belakang hidung atau tenggorokan (nasofaring).Tugas saluran ini adalah untuk menyeimbang tekanan udara di dalam telinga tengah dan di luar telinga. Akan tetapi, telinga berdengung saat naik pesawat, motor atau mobil dalam waktu lama adalah hal yang normal. Ini mungkin terjadi pada beberapa orang yang mengalami masalah telinga saat naik moda transportasi tertentu.

Namun, telinga berdengung juga bisa terjadi saat menyelam atau berkendara di gunung. Hal ini biasanya menyebabkan sakit telinga dan gangguan pendengaran selama beberapa saat di salah satu atau kedua telinga. Dalam situasi yang sangat parah, dengung di telinga saat naik kendaraan dapat menyebabkan gangguan telinga, seperti nyeri pada telinga, perasaan telinga penuh atau tersumbat, keluar darah dari telinga, sakit pada telinga bagian tengah, dan Kehilangan pendengaran.

Nah jika Anda mengalami tinnitus saat melakukan trabasan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejalanya. Cara pertama terhitung simpel yaitu mengisap permen.Mengisap permen tidak hanya membuatAnda rileks , tetapi juga dapat membantu mengurangi suara berdenging di telinga saat berkendara. Ketika berada di dataran tinggi dalam durasi cukup, tabung Eustachian bisa tersumbat karena kondisi dan mengulum permen dapat membuat udara mengalir masuk ke dalam tabung tersebut.

Cara kedua adalah mengatur pernapasan. Coba ambil napas yang dalam, lalu embuskan secara perlahan dengan mulut tertutup sambil menutup atau memencet hidung.Dengan cara ini, Anda mendorong udara dengan lembut ke dalam tabung Eustachian, tetapi tidak ada udara yang keluar. Setelah melakukannya, akan mendengar udara masuk ke dalam bagian tengah telinga dan membuatnya berbunyi seperti “pop”.Ini bisa menjadi metode untuk mengurangi dengung telinga saat berkendara. Ulangi selama beberapa menit sampai telinga kamu terasa nyaman.

Dengan manfaat yang sama seperti menelan dan mengunyah, menguap juga dapat membantu mengurangi dengung di telinga saat naik kendaraan. Namun, Anda juga harus melakukan manuver valsava, seperti yang disebutkan pada poin kedua. Dengan melakukan hal ini, udara akan masuk ke dalam tabung eustachian, yang akan mencegah dengung dan rasa sakit di telinga.

Nah jika Anda sering mengalami gangguan telinga berdengung saat trabasan, Anda bisa mencoba tips yang sudah kami jelaskan untuk mengatasinya ya.

comments

`