caption trialgame

Waspada Jika Oli Mesin Cepat Berubah Warna!

Thursday, 25 November 2021

Waspada Jika Oli Mesin Cepat Berubah Warna!


Oli mesin memang salah satu komponen kendaraan yang sudah sangat umum. Komponen ini sangat umum karena setiap kendaraan bermotor memanfaatkan oli mesin untuk kinerjanya. Namun, tidak sedikit pula yang belum mengetahui dengan detail apa saja fungsi oli mesin ini. Oli mesin adalah salah satu dari sekian jenis fluida yang digunakan untuk membantu mesin melakukan langkah kerjanya.

Inilah mengapa, kendaraan bermotor tidak bisa lepas dari oli mesin. Fungsi oli yang sangat umum dan paling banyak juga diketahui adalah sebagai pelumas. Hal ini sering kali diperlihatkan di iklan penjualan oli mesin, sehingga fungsi ini sangat akrab di benak masyarakat.

Memang betul, oli mesin berguna sebagai pelumas. Lebih jelasnya, oli ini membantu melumasi komponen dan setiap partikelnya dalam mesin. Kinerja tiap komponen dalam mesin perlu dibuat lebih enteng agar langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal. Selain itu, semakin enteng gerak yang timbul maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan oleh mesin. Ini merupakan suatu bentuk perbandingan lurus antara kondisi mesin dengan hasil kerjanya. Anda perlu memberi oli terbaik untuk mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat berjalan dengan maksimal

Nah warna oli mesin biasanya beragam, ada yang kuning, biru dan lainnya namun jika oli mesin berubah warna menjadi hitam pekat, ini menunjukkan kalau pelumas telah bekerja dengan baik. Oli mesin  telah melumasi dan membersihkan kotoran akibat gesekan komponen. Jadi jika oli mesin motor trail Anda terlihat hitam pekat sebaiknya jangan buru-buru menarik kesimpulan pelumas harus segera diganti. Lebih baik lakukan pengecekan terlebih dulu.

Warna oli mesin  sesudah pemakaian bisa mewakili situasi atau kondisi yang terjadi di dalam mesin, namun hal tersebut hanya sebagai untuk indikasi awal saja. Ini merupakan hal yang wajar dan tidak bisa dijadikan patokan untuk mendeteksi mesin yang sedang bermasalah.

Selain untuk pelumasan, oli mesin juga bekerja untuk membersihkan permukaan dinding silinder dari berbagai zat perusak yang ditimbulkan akibat proses pembakaran. Jadi, oli yang berubah warna menjadi hitam setelah pemakaian justru bukti bahwa oli bekerja dengan baik.

Lain halnya jika oli baru diganti dan langsung berwarna hitam pekat, yang rata-rata terjadi pada kendaraan tua atau filter oli yang sudah kotor, kadang juga bercampur dengan serpihan halus sisa gesekan. Nah jika oli mesin pada motor trail Anda, cepat sekali berubah warna menjadi hitam pekat, ada beberapa langkah pengecekan yang harus Anda lakukan ya.

Yang terpenting adalah segera melakukan pengecekan secara menyeluruh, karena dikhawatirkan terdapat keausan pada beberapa komponen mesin. Semakin lama didiamkan, potensi kerusakan bisa semakin besar.  Cara mudah agar warna oli kembali normal tentu saja dengan segera kuras oli motor trail dan ganti oli dengan yang baru. Bila perlu, bawa kendaraan ke bengkel yang terpercaya agar ditangani oleh mekanik profesional.

comments

`