caption trialgame

Waspada Lalui Jalanan Berlumpur

Sunday, 8 March 2020

 

Musim hujan belum usai, dan banjir seolah betah terus menyapa warga ibukota dan sekitarnya. Hujan beberapa jam saja dijamin akan membuat penduduk Jabodetabek deg-degan akibat ancaman banjir. Maklum saja, jika banjir terjadi selain melumpuhkan beragam aktivitas, sudah pasti akan membuat kerugian material dan moral yang lumayan banyak.

Nah jika banjir sudah pasti menjadi ancaman bagi para pengguna jalan, pasti banyak yang tidak menyangka jika kondisi pasca banjir pun sama berbahayanya lho. Hampir sebagian besar banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek, terjadi akibat luapan sungai. Biasanya aliran sungai selalu membawa beragam material yang ada di dalamnya. Dan salah salah satunya adalah lumpur.

Jalanan yang tadinya digenangi air, pasca surut akan menyisakan musuh baru yaitu lumpur. Kondisi jalan yang tertutup lumpur, apalagi jika lumpur sungai, sudah pasti akan membuat situasi menjadi licin. Biasanya setelah banjir surut, banyak pengguna jalan yang mulai tidak sabar dan mulai mengendarai dengan kecepatan tinggi, hal ini amat sangat berbahaya jika ternyata jalan yang lintasi terdapat sisa lumpur.

Nah kendati Anda menggunakan motor trail dual sport bukan berarti aman dari kondisi jalan berlumpur. Anda boleh merasa memiliki keuntungan namun nyatanya, jika Anda menggunakan ban standar aspal, Anda memiliki resiko yang sama dengan pengendara motor lainnya.

Selalu gunakan gigi rendah saat melibas jalanan yang memiliki sisa lumpur, jangan terlalu terburu-buru untuk menarik gas, karena hentakannya bisa membuat roda belakang selip dan akhirnya motor bisa tergelincir.

Penggunaan rem juga harus diatur dengan seksama dan bijaksana. Penggunaan rem depan sudah pasti harus dihindari karena akan membuat Anda lebih mudah kehilangan keseimbangan. Namun jangan terlalu keras dan mendadak juga saat menggunakan rem belakang, ini bisa membuat motor membuang tapi biasanya lebih mudah untuk diantisipasi buangannya. Selalu siapkan dua kaki untuk menjajak ketika melewati jalan seperti ini, karena Anda tidak tahu kapan memerlukan support dari anggota tubuh ini. jadi jangan langsung kebut saja ya, kendati sudah tidak ada genangan, jalanan yang bekas tergengang banjir biasanya masih memiliki ancaman.

 

 

 

 

comments

`