caption trialgame

Waspada, Razia Knalpot Dimana-Mana!

Tuesday, 16 March 2021

Waspada, Razia Knalpot Dimana-Mana!


Ditlantas Polda Metro Jaya, minggu lalu menggelar razia dan filterisasi dengan sasaran kendaraan yang menggunakan knalpot bising di kawasan Monas hingga Sudirman-Thamrin. Direktur Lalu Lantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, filterisasi tersebut tidak menutup total akses menuju Monas maupun Jalan Sudirman-Thamrin, namun mencegah kendaraan dengan knalpot bising memasuki kawasan Monas dan Sudirman-Thamrin.

"Jalan tidak ditutup, tetap berjalan normal seperti hiasa hanya saja apabila ada kendaran yang melakukan polusi suara, knalpotnya bising, maka kita filter, kita cegah untuk tidak masuk ke kawasan Sudirman-Thamrin dan Monas," ujar Sambodo yang dikutip dari Kompas.com. Kepolisian sebelumnya berkali-kali melakukan razia motor di sekitar Istana. Polisi memeriksa atau menyisir kendaraan yang hendak melintas. Jalan di sekitar kawasan Monas, Gambir selama ini kerap digunakan oleh sejumlah pengendara motor untuk konvoi hingga kebut-kebutan. Ruas jalan yang lebar dan mulus menjadikan kawasan itu tempat favorit bagi para bikers yang ingin kebut-kebutan dengan knalpot bising.

Namun, tentu saja aktivitas tersebut bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan warga. Apalagi di kawasan itu juga terdapat Istana Kepresidenan yang menjadi tempat Presiden dan Wapres berkantor tiap harinya. Anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berulang kali menegur pengendara yang kebut-kebutan dengan knalpot bising.

Sejumlah pengendara motor pernah dihentikan petugas di Sekretariat Negara. Mereka menjalani sanksi sosial seperti push up dan jumping jacks. Terakhir, Paspampres mengambil tindakan yang lebih tegas dengan melumpuhkan konvoi motor gede. Saat itu, mereka menerobos Jalan Veteran III yang tengah ditutup.

Bagi para pelanggar, akan dikenakan sanksi seperti yang diatur dalam Pasal 285 UU Lalu dan Angkutan Jalan tahun 2009, dengan sanksi kurungan 1 bulan atau denda Rp 250.000. Nah pada razia yang digelar minggu lalu, sebanyak 11 sepeda motor terjaring razia ini. Selain mendapatkan tilang, ternyata 11 sepeda motor tersebut disita juga oleh pihak Kepolisian.

Tapi jangan khawatir, kendati disita namun para pemilik kendaraan tersebut masih bisa mengambil kembali motor mereka, dengan syarat mau mengganti knalpotnya. Untuk mendukung razia ini berjalan dengan baik, Polda Metro Jaya menurunkan 450 personel yang terdiri dari 350 personel dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, 50 personel dari Brimob dan 50 personel dari Dit Sabhara Polda Metro Jaya dikerahkan untuk menyeleksi kendaraan yang akan melintas di Kawasan Monas dan Sudirman serta Thamrin.

 

*Gambar Hanya Ilustrasi

comments

`