caption trialgame

Wow Motor Trail Produksi Lokal Tembus Pasar Amerika dan Eropa

Monday, 10 June 2019

Setelah resmi meluncurkan Motor Trail terbaru mereka yaitu KLX230, PT Kawasaki Indonesia juga ternyata memproduksi motor ini bukan untuk pasar lokal saja, tapi juga untuk konsumsi negara maju seperti Amerika dan Swedia lho.

Kawasaki Motor Indonesia memang bukan pertama kalinya memproduksi produk global. Kepanjangan tangan dari Kawasaki Jepang di Indonesia itu sudah memproduksi sejumlah produk Kawasaki seperti KLX150, Ninja 250 SL, Z250SL, Ninja 125, dan Z125. Jadi kemampuan Kawasaki Motor Indonesia dalam memproduksi motor-motor berkualitas tinggi nggak perlu diragukan lagi. Meskipun diproduksi di Indonesia dengan banyak konten lokal, namun ternyata mesin KLX230 masih belum diproduksi secara lokal. Konon kabarnya mesin KLX230 ini didatangkan dari Thailand.

Berbeda dengan pasar Indonesia yang street legal, untuk pasar Amerika, motor yang diekspor adalah KLX230R yang khusus buat off-road. KLX230R ini tidak dilengkapi dengan lampu-lampu, kaca spion, konsol speedometer, dudukan nomor polisi, dan berbagai macam kelengkapan lainnya. Praktis motornya terlihat brondol dan sangat simple khas motor off-road atau cross.

Kemudian KLX230R sudah dilengkapi dengan ban off-road tulen, footpegs bergerigi yang lebar, tuas transmisi model lipat, final gear ratio lebih besar, pakai swing arm aluminium sehingga bobotnya lebih ringan, suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir, dan konon kabarnya punya power mesin yang sedikit lebih tinggi.

Selain Amerika Serikat, belakangan muncul satu negara lagi yang rencananya mengambil KLX230 dari Indonesia. Negara berasal dari Benua Eropa, yaitu Swedia. Berbeda dengan Amerika Serikat yang mengambil KLX230R alias versi off-road, Swedia akan memasarkan KLX230 versi dual sport yang identik dengan yang dijual oleh Kawasaki Motor Indonesia di Tanah Air. Desain, spesfikasi, dan berbagai macam fitur dijamin sama persis dengan KLX230 versi Indonesia.

KLX230 bisa tembus ke market Eropa juga berkat pengaplikasian sistem pembakaran injeksi sehingga lolos dengan standar regulasi emisi Euro 4 yang berlaku di Benua Biru. Seperti diketahui KLX230 juga lolos uji emisi di California Air Resources Board (CARB) dan mendapatkan green sticker.

Ada satu fitur yang ada di KLX230 versi Eropa namun nggak ada di KLX230 versi Indonesia. Pada versi Eropanya KLX230 sudah dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS). ABS sudah menjadi piranti standar di KLX230 versi Eropa. Bahkan KLX230 menjadi motor dual sport pertama dari Kawasaki yang mendapatkan sistem pengereman ABS. Maklum saja, motor di atas 125 cc yang dijual di Eropa wajib menggunakan rem ABS. Jadi tidak heran jika kemudian Kawasaki harus mengikuti regulasi ini.

comments

`