caption trialgame

Wow! Segini Beda Biaya Perawatan Trail 2 Tak vs 4 Tak!

Tuesday, 20 April 2021

Wow Segini Beda Biaya Perawatan Motor Trail 2-Tak dan 4-Tak


Sebagian besar motor trail baru yang beredar di Indonesia kebanyakan menggunakan mesin 4-tak, akankah motor trail 2- tak menjadi punah? Jangan keburu menganggap motor trail 2-tak akan hilang dari peredaran, karena motor ini masih terus eksis,  bahkan masih memimpin di banyak kejuaraan enduro extrim dunia. Pabrikan besar seperti KTM, Husaberg dan Gas Gas juga masih setia memproduksi motor enduro 2 tak. Memang di Indonesia penjualan motor trail 2-tak tidak terlalu baik tapi penjualan di negara Eropa dan Amerika, masih terhitung tinggi, dan  salah satunya yang jadi favoritnya adalah KTM 300.

Tetapi kenapa populasi motor 2- tak di Indonesia semain sedikit? Setidaknya ada ada 4 alasan kenapa kebanyakan orang Indonesia lebih suka motor 4 tak. Pertama, motor 2- tak dianggap “ribet” karena harus mencampur oli dengan bensin sehingga motor jadi berasap. Kedua, orang Indonesia itu suka suara knalpot  yang keras menggelegar, nah itu bisa muncul di motor 4- tak. Ketiga, sempat muncul isu bahwa motor 2-tak akan dilarang di Indonesia, padahal itu isu yang salah dan menyesatkan. Alasan terakhir, naik motor 2-tak itu membutuhkan pengendara yang lebih “aktif” untuk mengendalikan motor, beda dengan motor enduro 4-tak yang cenderung cocok untuk pengendara “malas”.

Bicara soal performa keduanya memang tidak akan ada habisnya, karena keduanya sama-sama kompetititf, tergantung rider-nya. Tapi bagaiamana soal biaya perawatannya, mana yang lebih murah antara 2 tak dan 4 tak?

Masing-masing motor tentu pada suatu waktu akan melakukan perawatan dan penggantian spare parts. Untuk mempermudah kita gunakan contoh yaitu motor trail KTM 300 2-tak, dan KTM 450 EXC-F 4-tak. Jika menghitung biaya servis, dan penggantian spare part seperti pergantian piston,  gasket, perbaikan knalpot, bearing, stel klep, rantai, oli dan sebagainya. Kemudian ditotal jumlah biaya yang harus dikeluarkan maka, KTM 300 menelan biaya sebesar 50 juta lebih sedikit, sementara untuk KTM 450, di atas 75 juta. Dengan servis, serta penggantian komponen yang sama, motor ktm 4-tak menelan biaya hampir 25 juta lebih mahal dibandingkan dengan motor ktm 2-tak. Selisih yang cukup lumayan bukan ?

Perawatan dan perbaikan motor 2-tak lebih mudah dibandingkan motor 4-tak  Apalagi untuk motor 4-tak saat ini semuanya mengusung sistem injeksi, tentunya tidak semua bengkel kbisa memperbaikinya. Yang bisa hanya bengkel-bengkel khusus yang biasnaya harganya cukup lumayan. Jelas bahwa motor trail 2-Tak  itu lebih murah biara perawatannya.

comments

`