caption trialgame

Wow Sirkuit Flat Track Permanen Hadir di Bandung!

Wednesday, 1 September 2021

Wow Sirkuit Flat Track Permanen Hadir di Bandung!


Motor trail memiliki banyak jenis kelas yang biasa dilombakan mulai dari Trial Game, Motocross, hingga flat track. Nah untuk yang terakhir memang masih belum populer tapi bukan berarti tidak memiliki penggemar lho. 

Balap flat track, kendati sama-sama menggunakan sirkuit tanah, namun memilik perbedaan signifikan dengan lomba motor trail lainnya. Karena lintasan balap flat track biasanya berbentuk oval, dan Anda tidak akan menemui beragam handicap seperti gundukan atau ramp yang biasanya ada pada lintasan balap Trial Game atau motocros.  Meski treknya kelihatan mudah, yang jadi tantangan setiap pembalap yakni lintasan balapnya yang dibuat dalam kondisi licin.

Lintasan yang ideal buat main flattrack di Indonesia masih sangat terbatas, namun olah raga bermotor sliding dilintasan tanah oval ini perlahan mulai diminati pelaku skena custom di tanah air. Hal inilah yang membuat Ray Andre Purnama bersama teman-teman motoran di Bandung akhirmya berinisiatif untuk membangun sirkut flattrack yang ideal.

Ray membuka sirkuit Flat Track yang diberi nama Purnamland. sirkuit ini terletak di kawasan kebun karet di daerah Cipeundeuy Bandung Barat .Dan untuk menuju ke sana dari Jakarta bisa melalui jalur Puncak, Jonggol atau Cikampek. Jika Anda melalaui jalur Jonggol keluar di Waduk Cirata waktu tempuh dengan munggunakan motor biasanya memakan waktu 3 jam saja.

Sirkuti Purnamaland memiliki bentuk oval seperti layaknya layout untuk balapan flatrack di luar negeri . Sirkuit permanen ini memilki dimensi panjang lintasan 400 meter serta lebar 15 dan 20 meter dengan model counter clockwise. Tentu ini membuat kaidah flattrack yakni Go Fast Turn Left lebih terasa dan benar jalurnya.

Kehadiran sirkuit permanen flat track ini bisa menimbulkan gairah baru di kalangan penggila motor trail tanah air. Karena memang jarang sekali sirkuit jenis ini ada di Indonesia.  “Memang meskipun balap flattrack ini bukan termasuk budaya balap di tanah air, tetapi dapat menjadi alternatif mainan tanah yang asik.” jelas Ray Andre Purnama seperti dikutip naikmotor.com.

Beberapa waktu lalu Ray mengundang komunitas motor untuk mencoba Purnamaland dan mendapatkan masukan mengenai pengembangan lintasan ini. Hampir sebagian besar peserta yang mengikuti acara ini mengaku belum pernah merasakan lintasan flat track. Namun mereka mengatakan bahwa secara overall sirkuit Purnamaland sudah ideal untuk main flattrack.  “Dari lebar dan panjang lintasan sudah cukup untuk motor berkapasitas mesin kecil dan besar. Harapannya hadirnya lintasan ini sekaligus bisa mengedukasi sirkuit yang ideal serta tipikal ubahan motor-motor yang dipakai untuk balap flattrack,” jelas Galih Pratama, salah satu peserta undangan yang menjajal lintasan ini.

Nah penasaran bukan? tapi harap bersabar ya, karena hingga saat ini Purnamaland belum akan dibuka untuk umum. Pihak pengelola mengaku masih mempersiapkan beragam infrakstruktur pendukung, jadi saat nanti dibuka untuk umum, segala fasilitas pendukung sudah siap tersedia.

Sumber Gambar & Tulisan By : www.naikmotor.com

comments

`