caption trialgame

Wuih Ada Lho Bearing Berbahan Composite Wood

Tuesday, 28 November 2023

Wuih Ada Lho Bearing Berbahan Composite Wood


Bearing adalah salah satu komponen vital dalam konstruksi mesin motor trail. Bearing atau biasa disebut laher, adalah komponen mekanis untuk mengurangi gesekan antara dua bagian yang berputar, seperti poros dan dudukannya. Dengan adanya alat ini, gerak perputaran jadi lebih lancar, halus dan efisien.

Di motor trail, bearing dapat dijumpai di mesin dan roda. Berguna untuk mengurangi gesekan antara bagian yang bergerak dan membantu transfer beban. Serta memastikan semua bagian motor bisa bergerak dengan lancar.

Bearing yang paling banyak digunakan adalah tipe radial ball bearing. Jenis ini memiliki bantalan berbentuk bola baja dengan satu alur. Struktur radial ball bearing pada umumnya terdiri dari inner ring (cincin dalam), outer ring (cincin luar), ball steel (bola besi) dan retainer/separator. Dari keempat bagian tersebut, retainer/penahan ball pada bearing bisa disebut menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas sebuah bearing.

Secara fungsi, retainer menjaga agar ball bearing tetap berada pada alurnya. Bearing radial untuk motor yang umum beredar saat ini menggunakan retainer terbuat dari bahan baja karbon. Bearing dengan retainer baja memerlukan pelumasan ekstra karena gesekan antar besi bisa menimbulkan potensi keausan cukup tinggi. Hal ini terjadi pada saat mesin pertama kali dihidupkan, di mana pelumas masih berada di bagian bawah gearbox.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, terciptalah radial bearing yang memiliki retainer dengan bahan wood laminated phenolic/composite wood. Bearing ini secara khusus diciptakan untuk meningkatkan kinerja mesin motor. Tak hanya itu, bearing dengan retainer composite wood dikenal memiliki daya tahan tinggi.

Bahan ini dibentuk secara presisi untuk memberikan daya luncur ball bearing yang baik dan mulus pada alurnya, serta tahan terhadap getaran dan mendukung putaran tinggi mesin. Selain itu bearing dengan bahan composite wood memiliki daya tahan terhadap getaran serta temperatur tinggi. Retainer composite wood diyakini  mampu memberikan pelumasan pada ball bearing walaupun oli mesin belum dipompa ke seluruh bagian mesin, serta koefisien miliki daya gesek yang rendah. Oh iya dia juga tahan terhadap pengaruh korosi dan senyawa kimia lho. Gimana udah tertarik mau coba ?

 

comments

`