caption trialgame

Wuih Brand Lokal Produksi Motor Trail Listrik

Friday, 23 August 2019

Brand motor trail lokal memang terhitung belum bisa berbicara banyak di pangsa pasar otomotif tanah air. Dan ketika terdengar kabar ada sebuah pabrikan motor lokal yang saat ini sedang mengembangkan motor trail listrik tentu akan membuat mata Anda terbelak.

Sebuah brand bernama Sugeng Darma Rizki (SDR), yang dimiliki oleh PT Arindo Pratama ini, diketehaui telah mengajukan uji laik jalan motor trail mereka ke ke Dirjen Industri Logam, Alat Transportasi, dan Elektronika. Hebatnya mereka mendaftarkan dua jenis motor trail listrik untuk uji laik jalan ini. Seperti apa sih bentuknya?

Prototipe yang pertama motor menggunakan frame yang mirip dengan frame Kawasaki KLX150.Frame ini kemudian dibalut bodywork yang cukup mirip dengan bodywork untuk KLX150. Jadi cukup unik juga, meskipun motor trail listrik tidak memerlukan tangki bahan bakar namun rupanya mereka masih dibekali namun hanya berfungsi sebagai pemanis saja agar motor tetap terlihat proporsional. Nah, di bawah tangki bahan bakar terdapat baterai dan motor listrik yang dihubungkan ke roda belakang menggunakan rantai dan gear. Menurut rencana, motor trail SDR akan menggunakan baterai dengan jenis lithium lho.

Sementara itu prototipe kedua memiliki frame seperti yang digunakan pada Honda CRF230F. Memang replika bodi seperti yang digunakan motor trail Honda ini sudah banyak beredar dipasaran. Frame ini dibalut dengan bodywork yang cukup proporsional berwarna hitam lengkap dengan jok berwarna merah.

Suspensi depan masih menggunakan model teleskopik, suspensi belakang mono shock dengan linkage, ban full size ring 18-21 inch, rem cakram depan-belakang, dan pakai stang fatbar khas motor trail. Seperti prototipe yang pertama, prototipe kedua ini masih dilengkapi dengan tangki bahan bakar juga. Perlu diingat, motor ini ini tidak dilengkapi dengan mekanisme gear shifting, jadi pada footpeg kiri tidak ada tuas transmisi dan pada handlebar kiri juga tidak memiliki tuas kopling.

comments

`