caption trialgame

Yah Harus Turun Mesin Deh

Tuesday, 4 June 2019

Namanya barang sudah pasti akan ada masa pakainya. Ini juga berlaku pada motor trail Anda. Sebaik-baiknya Anda merawat tunggangan kesayangan Anda, pasti akan mengalami kerusakan juga. Yang membedakan biasanya hanya waktu serta tingkat kerusakannya saja.

Jika Anda jarang merawat motor trail, biasanya sudah pasti ada beberapa komponen yang cepat rusak serta memiliki tingkat kerusakan yang cukup parah. Hal ini berbeda jika Anda rajin melakukan maintenance. Masa bakti komponen tentu akan lebih panjang dan biasanya kerusakan tidak merembet ke bagian lainnya.

Salah satu hal yang biasa terjadi pada kendaraan adalah proses turun mesin. Turun mesin merupakan istilah yang menyatakan bahwa mesin motor trail harus dibongkar total atau diganti dengan yang baru. Penyebab utamanya yaitu adanya kerusakan yang sangat serius pada mesin tersebut seperti mesin yang sudah tak layak pakai atau terdapat komponen yang mengalami patah. Jika mesin dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus dikhawatirkan justru akan menimbulkan akibat yang fatal bagi pengendaranya.

Lantas apa saja sih ciri-ciri motor trail yang harus turun mesin? Ada beberapa pertanda yang bisa Anda kenali dan jika menemukan satu saja dari pertanda tersebut, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan mekanik kepercayaan Anda, sebelum kerusakan bertambah parah.

Yang pertama adalah adanya asap putih yang keluar dari knalpot. Hal ini biasanya terjadi saat akan memanaskan motor. Dan biang keladinya kemungkinan besar ring piston-nya mengalamai kerusakan serius sehingga mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan turun mesin setengah yaitu mengganti ring piston berikut pistonnya. Kerusakan pada piston akan berdampak pada performa motor trail yang susah untuk mencapai top speed-nya.

Jika terdengar bunyi berisik pada katup udara mesin motor, menandakan Anda harus waspada. Munculnya suara berisik yang berasal dari katup udara biasanya disebabkan oleh setelannya terlalu longgar atau noken as sudah aus. Kemungkinan penyebab lainnya adalah rantai keteng yang dipasang terlalu longgar. Jika Anda menemui masalah ini, segeralah setel ulang bagian-bagian yang pengaturannya salah supaya tidak merembet ke komponen motor trail lainnya.

Oh iya suara berisik juga bisa berasal dari blok mesin belakang. Raungan yang berasal dari blok mesin belakang umumnya dipicu oleh pemasangan krus as dan poros engkol yang tidak tepat. Anda bisa mengeceknya langsung dengan meminta bantuan dari mekanik yang sudah ahli. Hindari pula kebiasaan menekan gas motor trail terlalu dalam, sebab dapat menggeser krus as dan poros engkol.

Berbicara mengenai blok mesin, bagian ini bisa terjadi kebocoran lho. Kebocoran yang terjadi pada blok mesin menyebabkan oli menetes keluar, biasanya disebabkan oleh bagian gasket atau parepack-nya sudah rusak dan harus segera diganti. Pastikan Anda memperbaiki kerusakan ini secepat mungkin. Bila oli mesin sampai habis, maka komponen-komponen di dalamnya pun akan aus dan rusak.

comments

`