caption trialgame

Yah Tromol Belakang Motor Trail Patah

Friday, 17 May 2019

Sistem pengereman pada motor trail biasanya terbagi menjadi dua, yaitu pengereman menggunakan cakram dan pengereman dengan menggunakan tromol. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Lewat tulisan ini kami akan membahas mengenai lika liku dudukan rem tromol.

Kampas rem yang sudah habis jika dipaksa tidak diganti bisa merusak komponen motor trail yang lain. Biaya yang dikeluarkan akan lebih besar daripada diganti pada saatnya. Pada mekanisme rem tromol, apabila habis kampas remnya kemudian dipaksakan dengan cara menyetel bautnya terlalu dalam, maka yang terjadi adalah per yang ada di dalam bisa patah dan mengakibatkan dudukan tromol aus.

Karena disetel kencang bautnya terlalu dalam, per di dalam tromol bisa patah karena efek kejut kekencangan dan berlebih saat direm. Nah, patahan per bisa bergesekan langsung dengan tromol. Dan jika dipaksakan dampaknya salah satu dampak terparah adalah jebolnya tromol dudukan roda dari motor trail.

Jika motor trail Anda menggunakan pelek jari-jari, kondisi tromol jebol agak lebih baik. Karena tromol untuk pelek jari-jari dijual terpisah. Namun apesnya, jika motor trail Anda, biasanya motor trail dual sport, menggunakan pelek racing, maka jika bagian tromolnya rusak harus mengganti satu set dengan peleknya.

Sebaiknya memang jika terjadi kerusakan seperti di atas harus segera mengganti tromolnya dengan yang baru. Tapi namanya orang Indonesia biasanya ada saja yang mencoba mengakali dengan mengelas atau mencor tromol tersebut.

Disarankan ganti tromol baru saja, tromol yang sudah rusak dimodifikasi belum tentu normal dan maksimal, jangan ambil resiko waktu anda yang terbuang karena pasti masalahnya akan berulang. Jika mengganti tromol baru setidaknya ada jaminan dan kepercayaan diri karena menggunakan produk baru, bukan hasil modifikasi yang sudah jelas rusak. Dan dari sisi biaya rasanya modifikasi yg sudah jelas rusak tidak jauh berbeda dengan biaya beli tromol baru. Nah jadi lebih baik keluar biaya sedikit lebih banyak tapi lebih aman dan nyaman bukan?

comments

`