caption trialgame

Yha Starter Elektrik Kok Gak Mau Nyala

Tuesday, 14 November 2023

Yha Starter Elektrik Kok Gak Mau Nyala


Tidak semua motor trail memiliki fitur yang dimiliki motor motor lainnya. Sebagai contoh adalah electronic starter atau starter elektrik. Hampir sebagian besar motor trail tidak memiliki fitur ini, sementara untuk motor-motor harian, keluaran lama pun sudah memiliki fitur ini.

Memang ada beberapa motor trail yang dilengkapi dengan fitur ini, tapi sebagian besar tetap menggunakan kickstarter sebagai alat utama untuk menyalakan mesin motor trail. Nah terkadang nih, terjadi kendala pada elektrik starternya, apa saja sih penyebabnya ? yang pertama dan biasananya adalah biang keladi utama adalah kondisi aki yang sudah drop. 

Aki mempunyai masa pakai, yaitu sekitar 1 - 2 tahun atau lebih dari 20.000 km. Setelah 2 tahun, atau jika aki sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan performa, maka BroSis harus melakukan pengecekan dan segera mengganti aki dengan yang baru. Penyebab aki drop ada berbagai macam diantaranya, memakai klakson secara terus-menerus, motor jarang dipanaskan  sehingga voltase pada aki langsung digunakan tanpa adanya pengisian terlebih dahulu dan lain-lain.

Setali tiga uang dengan aki, busi juga biasanya menduduki peringkat kedua sebagia penyebab sulitnya elektrik starter digunakan. Busi adalah salah satu bagian penting dari sebuah motor yang seringkali disalahkan ketika motor mogok dan tidak bisa distarter. Melakukan pemerikaan rutin terhadap setiap 4.000 km dan lakukan penggantian busi setiap 8.000 km. Biasanya busi yang sudah mati disebabkan oleh usia busi yang terlalu lama atau kondisi busi yang kebanjiran. Oh iya penting juga lho melakukan pengecekan pada sistem pengapian untuk memastikan apakah jalur pengapian dalam keadaan baik atau tidak sehingga sistem pengapian dapat berfungsi dengan normal.

Hal berikutnya yang menjadi masalah dari motor yang tidak bisa distarter adalah water hammer. Water hammer merupakan suatu istilah yang mengacu pada kondisi dimana ada air yang masuk kedalam sistem pengapain karburasi, sehingga menyebabkanm motor tidak mau menyala. Perlu diketahui pembakaran tidak akan terjadi apabila terdapat air yang mematikan api. Maka dari itu keberadaran air juga memiliki peran penting dalam munculnya gejala motor tidak mau menyala.

Pada motor yang memiliki starter elektrik, seperti motor modern saat ini biasanya gejala motor tidak mau distarter ini sering disebabkan karena sistem starter elektronik motor tersebut mengalami gangguan. Hal ini disebabkan karena memang usia yang sudah tidak mendukung (part perlu penggantian). Bisa juga ada part-part seperti gear starter, relay assy dan juga dinamo starter yang mengalami kerusakan, sehingga motor tidak mau menyala ketika distarter. Karena itu, pengecekan dan pergantian part-part diatas juga harus dilakukan agar motor tetap bisa di starter layaknya motor baru.

Dan yang terakhir adalah kualitas bahan bakar yang buruk.  Bahan bakar yang buruk juga bisa menjadi permasalahan berikutnya yang dapat menyebabkan motor menjadi tidak bisa distarter. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari kualitas nilai oktan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin hingga adanya senyawa air yang ikut tercampur di dalam dispenser di SPBU, sehingga hal ini menyebabkan bensin yang masuk kedalam tangki motor kita bercampur dengan air, sehingga membuat motor tidak bisa distarter.

 

 

comments

`