TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Yhaaa Ini Biang Kerok Mampetnya Radiator Motor Trail

Teknis Kendaraan 22.08.2023

Yhaaa Ini Biang Kerok Mampetnya Radiator Motor Trail


Kendati tidak terlalu banyak motor trail yang menggunakan radiator sebagai sistem pendinginnya namun bukan berarti tidak ada ya. Awalnya penggunaan radiaator diterapkan pada motor sport performa tinggi, untuk memaksimalkan pendinginan mesin. Namun kini, penggunaan pendingin cairan atau radiator sudah merambah ke semua jenis sepeda motor, termasuk jenis bebek dan skuter matik.

Salah satu komponen utama pada sistem pendinginan cairan adalah radiator. Radiator bertugas sebagai media pelepasan panas dari cairan pendingin atau coolant. Coolant suhu tinggi yang bersirkulasi di mesin, akan melewati jalur air di radiator (radiator core), kemudian didinginkan oleh embusan angin. Setelah melewati radiator, suhu coolant akan lebih rendah sehingga bisa mendinginkan mesin yang sedang beroperasi.

Karena fungsinya yang sangat vital, kondisi radiator juga harus selalu diperhatikan. Sebab salah satu penyebab kegagalan fungsi radiator adalah mampet dan bocor. Nah penasaran kan apa sih penyebab yang membuat radiator bisa menjadi mampet? Simak ulasannyaya.

Pada motor trail, radiator umumnya ditempatkan pada bagian depan motor, untuk menangkap udara sebanyak-banyaknya. Posisinya biasanya berdekatan dengan ban depan. Dengan posisi ini, radiator sangat rentan terhadap benturan batu, kerikil, atau objek asing lainnya. Jika batu membentur radiator, radiator core bisa jadi penyok dan akan menyumbat aliran coolant. Nah buat yang sering trabasan pasti sering nih mengalami hal ini.

Cara pencegahannya adalah memasang radiator grille tambahan pada sisi muka radiator. Tapi ingat, pilih radiator grille yang punya cukup lubang agar proses pendinginan tidak terganggu. Sangat tidak dianjurkan juga, untuk memodifikasi area sepakbor depan yang dipotong area belakangnya, atau diganti yang lebih kecil. Akibatnya akan sangat minim menghalau pentalan kerikil dari roda depan.

Penyebab radiator mampet lainnya adalah tumpukan kerak pada jalur internal radiator core. Kerak ini umumnya ditimbulkan dari karat akibat penggunaan air biasa. Serpihan gram halus dari komponen yang hancur karena karat, akan terperangkap di radiator core dan membuatnya jadi mampet. Untuk itu, kalian wajib menggunakan radiator coolant dan bukan air biasa.

Oh iya jika penggunaan motor trail sudah lebih dari 3 tahun, maka radiatornya rawan tersebumbat ya. Sebenarnya ada beberapa ciri yang bisa diketahui saat radiator motor mampet atau tersumbat. Ciri pertama, mesin lebih cepat panas dibandingkan biasanya. Umumnya baru dipakai 2 km suhu sudah naik setengah di indikator. 

Selain itu, ciri radiator mampet atau buntu bisa dicek lewat kondisi slang radiator. Jika radiator mampet atau tersumbat, saat mesin digeber pada rpm tinggi slang radiator akan mengempot. Kemudian bisa cek juga dengan buka tutup radiator, lalu hidupkan mesin motornya. Jika air menyembur keluar saat motor digas pada rpm tinggi, itu juga indikasi radiator mampet. Kalau motor kalian mengalami masalah yang sama jangan dibiarkan, segera lakukan servis radiator agar sistem pendingin kembali bekerja optimal.

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Udah Tau Belum Kalo Sistem..

Sistem kelistrikan sepeda motor berfungsi vital untuk menghidupkan mesin, menerangi lampu (depan, belakang, sein), mengisi aki, dan mengoperasikan peralatan elektronik...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Pede Gak Bongkar Ring Piston..

Piston merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting. Komponen tersebut mampu mengubah panas menjadi tenaga penggerak. Itu karena piston...

News
Teknis Kendaraan 15.12.25

Oo Jadi Ini Penyebab Indikator..

Pemilik motor trail dual sport pernah meratiin gak indikator yang ada di motor Anda? Coba cek lampu indikator motor Anda...