caption trialgame

Yuk Jaga Kebersihan Unitrack Motor Trail

Wednesday, 28 August 2019

Ada trik simpel dan bisa dilakukan sendiri untuk merawat link unitrack di motor trail. Seperti kita ketahui bahwa motor trail yang memiliki kapasitas mesin kecil seperti kawasaki KLX atau Honda CRF series menggunakan sistem unitrack pada motor mereka.

Mekanisme kerja shockbreaker ini disalurkan melalui link yang menghubungkan dudukan bawah monoshock dengan swing arm. Linkage terhubung ke sasis, posisi as shockbreaker di belakang as connecting arm, connecting arm menghubungkan linkage dengan swing arm. Prinsip kerjanya saat swing arm naik akan menarik connecting linkage yang terhubung dengan linkage, sehingga linkage akan terdorong keatas. Jika sudah ketemu sudut yang tepat saat pemasangannya, maka kenyamanan dan kestabilan kerja shockbreaker dengan system ini akan lebih baik dan lebih bagus di banding dengan system monotrack

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa mekanisme kerja unitrack disambungkan dengan link di antara shockbreker dan swing arm. Nah, biasanya link penyambung antara shockbreker dan swing arm ini yang rawan bermasalah. Karena posisinya yang tersembunyi dan agak sulit dijangkau orang banyak yang lupa dengan area ini.

Biasanya waktu habis off-road atau kotor-kotoran pemilik suka lupa membersihkan motornya sampai area kolong. Padahal di area link unitrack itu rawan menumpuk kotoran karena posisinya paling bawah. Jadi sebisa mungkin cek lebih sering area unitrack terutama di link-nya, pastikan tidak ada kotoran menempel di sana .

Jangan lupa untuk lebih sering diberi penetran agar pergerakan link unitrack tetap normal ya, karena kalau pergerakan link unitrack terhambat oleh kotoran lama-lama bushingnya aus. Jika hal ini terjadi maka bantingan shockbreaker akan terasa keras layaknya shockbreaker rusak, padahal kerusakannya hanya pada area unitracknya saja.

Oh iya Nah perawatan macam ini bukan hanya untuk yang gemar ber offroad ria lho. Untuk para pemakai motor dual sport harian yang menggunakan sistem unitrack, juga dianjurkan lho. Kotoran debu atau pasir dari jalanan juga bisa bikin bearingnya cepat longgar. Sebaiknya untuk pemakaian harian minimal 2 atau 3 bulan sekali komponen ini dibersihkan.

comments

`