caption trialgame

Begini Cara Baca Kode Oli Seal Shock!

Thursday, 7 January 2021

Begini Cara Baca Kode Oli Seal Shock!


Oil seal atau sil oli merupakan salah satu komponen yang sering dijumpai pada kendaraan bermotor hingga beberapa perkakas bengkel seperti pada dongkrak dan lain sejenisnya yang biasanya merupakan perkakas yang berhubungan dengan sistem hidrolik.

Sama seperti komponen lain yang memiliki kode tertentu, oil seal ini juga memiliki kode-kode yang biasanya hanya dapat dimengerti oleh orang yang paham. Kode-kode tersebut sebenarnya ada banyak, mulai dari kode produksi, bahan baku, jenis seal hingga ukurannya. Nah dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai kode ukuran  pada oil seal dan bagaimana cara membaca kode oil seal tersebut.

Oil seal sesuai dengan artinya akan bertugas sebagai penyegel oli agar tetap ada di posisi tertentu dan tidak luber atau keluar dari posisi tertentu tersebut. Sebagai contoh, oil seal pada sepeda motor yang banyak dijumpai adalah pada shockbreaker depan serta pada master rem cakram.

Banyak model dan jenis dari oil seal yang beredar di pasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan serta peruntukan. Tetapi secara umum, oil seal ini terbagi pada dua jenis bahan baku yakni oil seal yang murni berbahan baku karet serta oil seal yang diberi tambahan logam baik itu alumunium dan lain sejenisnya pada bagian seal tertentu yang bertujuan untuk membuat seal menjadi lebih kokoh.

Sebenarnya oil seal yang digunakan pada packing mesin yang berbentuk asimetris termasuk juga ke dalam kategori oil seal. Tetapi dalam artikel ini, kita fokus pada oil seal yang berbentuk bundar atau lingkaran yang memang sering dijumpai.  Sebagia contoh adalah oil seal dari shock depan motor.  

Oil seal pada shock depan motor memang sangat umum kita jumpai di bengkel, hal tersebut karena oil seal ini memang sering mengalami rusak yang ditandai dengan kebocoran minyak atau oli shock dari tabung shock. Adapun contoh ukuran dari oil seal shock depan misalnya adalah 27 x 39 x 11 atau kadang ditulis juga 27 - 39 – 11 atau di tulis 27 39 11. Apakah artinya?

Sebenarnya mudah saja.  Angka 27 artinya adalah diameter lingkar dalam pada oil seal. Angka 39 artinya adalah diameter lingkar luar dari oil seal. Sedangkan angka 11 artinya adalah ketebalan atau ketinggian dari oil shock.  Satuan dari ukuran-ukuran di atas biasanya adalah mm atau milimeter.

Jadi cara membaca kode ukuran oil shock adalah dimana kumpulan angka pertama menujukan diameter lingkar dalam, lalu kumpulan angka kedua menujukan diameter lingkar luar, dan kumpulan angka terakhir menujukan ketinggian atau ketebalan dari oil seal. Simpel bukan? kini gak bingung lagi kan membaca kode ukuran oli seal.

comments

`