caption trialgame

Fitur Penyelamat di Motor Trail Injeksi

Tuesday, 6 October 2020

Fitur Penyelamat di Motor Trail Injeksi


Motor trail keluaran terbaru, khususnya yang memiliki teknologi injeksi biasanya memiliki beragam fitur pintar yang ada di dalam sistem Electronic Control Unit (ECU) atau Electronic Control Modul (ECM). Hal ini memungkinkan motor trail Anda peka karena beragam sensor yang terdapat di dalam komponen tadi.

Salah satu fitur yang cukup membantu, khususnya bagi para penggemar motor trail yang gemar beroffroad adalah kemampuan sistem mematikan mesin ketikan motor dalam keadaan miring. Fitur ini memiliki beragam macam nama. Honda menyebut sistem ini dengan nama Bank Angle Sensor (BAS), sementara Kawasaki menyebutnya Sensor Vehicle Down, sedang Yamaha menyebut dengan Lean Angle Sensor.

Fitur ini berfungsi untuk mematikan seluruh komponen kelistrikan, pengapian, dan injeksi pada saat motor terguling atau jatuh. Fungsinya juga untuk safety, menghindari terjadinya kebakaran pada saat motor terjatuh dan menyebabkan bensin menetes atau tumpah.

Pengaplikasiannya memang berbeda-beda namun biasanya mesin motor mati secara otomatis jika mengalami miring 55 derajat selama lima detik. Jadi miring 50-60 derajat selama lima detik itu ECU/ECM sudah mengasumsikan motor terjatuh. Oleh karena itu, ECU/ECM akan menghentikan kerja fuel pump, injektor, dan coil ignition yang membuat mesin mati otomatis. Miring 50-60 derajat aja udah diasumsikan motor terjatuh, jadi nggak usah ditanya gimana kalau kondisi motor rebah 100 persen ya sudah pasti mesin langsung mati. Adapun penempatan sensor ini berbeda-beda, tergantung dari jenis motor itu sendiri. Ada yang terdapat di dalam bodi depan, ada juga yang justru terdapat di dalam bodi bagian belakang.

Nah ada beberapa motor yang setelah fitur ini bekerja, mesin tidak bisa langsung dinyalakan. Tapi jangan khawatir, solusinya mudah kok, Anda tinggal putar kunci kontak ke posisi off, dan kemudian nyalakan. Maka sistem akan melakukan reset dan mesin motor bisa nyala kembali dengan mudah ketika tombol starter dipencet.

 

comments

`