caption trialgame

Jangan Cuma Bisa Pake Doang, Rawat Itu Wajib!

Tuesday, 17 January 2023

Jangan Cuma Bisa Pake Doang, Merawat Motor Trial Juga Wajib


Motor jenis trail sudah ada sejak lama dan dari dulu sampai sekarang penggemarnya masih cukup banyak. Tangguh dan kuat melintasi segala medan, mulai dari yang berlumpur, berbatu, tanjakan dan turunan curam adalah beberapa keunggulan motor ini dibanding dengan motor jenis lain. Tidak semua jenis motor mampu melintasi segala medan dan motor trail lah salah satu jenis yang mampu melintasinya dengan cukup mudah, tergantung keahlian ridernya.

Motor jenis ini sudah menyebar di seluruh dunia, termasuk di negeri tercinta, Indonesia. Mereka yang hobi motor jenis ini juga cukup banyak di Indonesia. Salah satu alasan kenapa banyak yang menggemarinya karena memang alam Indonesia yang menyajikan banyak sekali trek atau lintasan menantang yang bisa dijajal dengan motor trail.

Karena digunakan disegala medan, motor trail biasanya akan kotor dan penuh lumpur setelah digunakan. Hal ini memang wajar, tapi sebaiknya segera dibersihkan karena bisa mengakibatkan karat pada motor trail tersebut. Lumpur dan air kotor yang menempel terlalu lama pada besi bisa menyebabkan karat.

 Setelah dipakai, segera cuci motor trailmu dengan air dan sedikit sabun. Jangan hanya bagian yang terlihat, bagian yang tidak terlihat juga harus dibersihkan. Semua onderdil, seperti slilinder head, karburator, piston, kabel kopling, upside down dan lain-lain juga harus dibersihkan selain body dan bagian roda motor trail.

Setelah tidak ada lagi kotoran dan lumpur yang menempel, cek bagian rantai lalu lumasi dengan pelumas. Pelumasan ini tidak hanya dilakukan setelah motor dibersihkan, setelah dipakai walaupun tidak kotor juga sebaiknya tetap dilumasi. Cek juga kopling dan kampas rem karena biasanya setelah dipakai, bagian ini sudah aus atau habis dan harus segera di ganti.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah periksa bagian kabel pada motor trail, khususnya kabel yang terdapat di bagian CDI. Jangan lupa juga untu mengecek kabel gas, cek apakah masih berfungsi baik atau ada yang perlu diperbaiki. Jika sudah merawatnya dengan benar, motor trail akan lebih awet, tidak rewel dan siap dipakai memacu kecepatan kapan pun kamu mau. Motor Trail

comments

`