caption trialgame

Syarat Motor Trail Trobos Banjir

Monday, 13 January 2020

Sudah kodratnya motor trail untuk bisa menahan beragam medan ekstrim, nah berhubung kondisi cuaca yang sedang hujan dengan intensitas berat, biasanya beberapa wilayah di Indonesia ada yang terendam banjir. Secara teori motor trail aman dan nyaman diajak untuk menerobos banjir , beberapa berpendapat bahwa posisi mesin dan knalpot yang tinggi membuat motor jenis ini tetap aman menembus banjir. Posisi busi, filter udara maupun silencer knalpot motor trail atau dual purpose terbilang lebih tinggi, juga memiliki peran atas ketangguhan motor ini.

Ternyata, ada komponen motor trail yang justru paling penting buat menerabas banjir. Motor trail atau dual purpose jadi makin tangguh hadapi jalanan banjir, kuncinya ada di sektor kelistrikan. Untuk itu usahakan bagian kelistrikan jangan terkena air. Karena bodi motor tipe ini yang cukup terbuka, kelemahannya memang perangkat kelistrikan yang ada jadi rentan tersiram air. Biar lebih aman, biasanya CDI/ECU di motor dibungkus pakai plastik dan ditutup rapat hingga bagian soketnya juga.

Walaupun sudah dirancang menjadi motor yang lebih tangguh dari jenis lain, ternyata ada batas aman untuk melewati banjir dengan menggunakan motor trail."Patokannya ada pada posisi boks filter udara motor yang ada di tengah, sejajar dengan blok silinder. Kalau dipaksa melebihi batas tersebut, dikhawatirkan air menyelinap masuk filter udara dan terisap ke ruang bakar.

Risikonya adalah motor mogok akibat kemasukan air dan bisa terjadi water hammer yang merusak mesin.Pastinya kalau sampai kejadian, motor tidak bisa dihidupkan kembali karena water hammer membuat piston bolong atau setang seher bengkok.

Water hammer bisa membuat piston pecah dan setang piston bengkok karena air masuk ke ruang bakar kemudian ikut terkompresi, tekanan itu akan membebani piston dan jika tidak kuat akan pecah atau setang piston bengkok. Kalau sudah begitu mau enggak mau harus turun mesin. Makanya saat memutuskan melewati banjir pakai motor trail pastikan dulu ketinggiannya ya. Bukan berarti dengan menggunakan motor trail Anda bisa menerabas banjir sesuka hati.

comments

`