caption trialgame

Tips Rawat Suspensi Upside Down

Thursday, 9 July 2020

Tips Rawat Suspensi Upside Down


Suspensi jenis upside down sudah kian banyak digunakan pada motor trail terbaru. Selain untuk gimmick jualan dan mendongkrak tampilan, shockbreaker ini disebutlebih optimal meredam getaran daripada jenis -teleskopik. Tidak heran jika memang jika harga jual shockbreaker  jenis upside down lebih mahal banderolnya dibanding suspensi konvensional. Nah karena itu, penting untuk memahami perawatannya supaya tidak cepat rusak.

Pada dasarnya suspensi jenisupside down dan teleskopik punya sistem kerja yang hampir sama. Hanya saja, karena posisi gerak suspensi yang terbalik, tentunya perawatan dan perhatian pun berbeda.Jarak main suspensiupside down punya posisi main antara as shock dan tabung shock lebih rendah ke aspal jalan. Posisi suspensi seperti itu biasanya debu atau kotoran cepat nempel di batang shock.

Suspensi yang bergerak naik dan turun mengikuti hentakan atau kondisi jalanan. Nah, kondisi as shock yang kotor akan bergesekan dengan tabung shock.  Dan jika dibiarkan terlalu lama dalam posisi kotorakan membuat as shock menjadi baret. Tak hanya itu, kotoran yang menempel di sil shock pun akan membuat gejala kebocoran oli suspensi.

Jika sudah begini, gejala motor tak stabil saat dikendarai akan terjadi. Hal ini terjadi karena , takaran oli untuk menekan suspensi tak lagi sama antara suspensi bagian kiri dan kanan. Selain itu, efek parahnya bisa saja membuat kecelakaan.Oli suspensi yang bocor jika tidak segera diservis akan terus keluar. Oli akan turun ke bawah kena piringan rem, atau ban, kemampuan traksi tidak akan sempurna lagi. Bila bocornya pada suspensi kiri, motor akan ngebanting ke kanan dan kalau bocornya di kanan akan ngebantingke kiri.

Nah jika Anda pemilik motor trail dengan suspensi upside down, agar lebih memperhatikan kebersihan area suspensi, terlebih ketika dipakai di musim hujan ataupun melewati jalanan bergenang. Caranya mudah, bisa dibersihkan dengan sabun dan air mengalir kemudian dikeringkan dengan kain lembut ataupun angin dari kompresor. Nah ayo, jangan malas jaga kebersihan ya suspensi ya.

 

comments

`