caption trialgame

Beda Loss Compresi dan Kebocoran Kompresi

Tuesday, 23 April 2019

   Memang tak bisa dipungkiri jika kerusakan pada motor trail merupakan hal lumrah dan sangat wajar sekali. Tapi yang menjadi tidak wajar adalah jika kerusakan berulang, dan sudah diservis berkali-kali tapi hasilnya tetap sama atau tidak maksimal.

   Mungkin Anda pernah mengalami sedang asyik mengendarai motor trail tiba-tiba tenaga motor jadi loyo, padahal handle gas motor sudah ditarik dalam-dalam. Tapi laju motor terasa berat dan malah mati dengan sendirinya. Hal ini yang dinamakan dengan loss kompresi atau kompresi motor hilang mendadak. Tapi ada perbedaan lho, antara loss kompresi dengan kompresi motor bocor, apa bedanya? Simak ulasannya.

   Loss kompresi itu sebetulnya berasal dari kata Lost dan Compression (dalam bahasa Inggris), kata Lost berarti hilang sedangkan Compression berarti l. Jadi maknanya ialah hilangnya sebuah tekanan sementara yang dihasilkan oleh kinerja piston motor diruang bakar pada sebuah mesin motor. Lalu apa akibat dari motor loss kompresi ? jawaban yang simpel ialah ya jelas sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan karena tidak ada tekanan kompresi, karena salah satu syarat nyala sepeda motor adalah dengan adanya sebuah sistem kerja kompresi itulah salah satu dari fungsi kompresi motor.

   Sementara itu pada kompresi motor bocor, kasus hampir sama dengan loss kompresi namun bedanya adalah tidak ada daya tekanan dari piston. Sedangkan motor bocor kompresi adalah melemahnya daya tekan kompresi dari piston secara perlahan. Kebocoran kompresi bisa terjadi khususnya dibagian ring kompresi, dibagian ini merupakan ruang penyekat antara celah piston dan silinder. Sehingga akan sangat rawan bocor, sebenarnya untuk mengetahui loss kompresi dan bocor kompresi bisa menggunakan alat khusus bernama Compression Tester.

   Namun tidak semua bengkel motor memiliki alat tersebut, karena harga komponen kompresi tester cukup mahal, Berikut ini ciri ciri motor hilang kompresi dan ciri-ciri motor bocor kompresi antara lain susah starter, suara mesin motor lebih kasar, tenaga motor loyo, oli motor gampang habis dan keluar asap putih dari knalpot motor. Lantas apasih penyebabnya ? Nah karena uraian yang panjang, akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya.

comments

`