caption trialgame

Biang Keladi Rusaknya Master Rem Motor Trail

Friday, 28 April 2023


Sistem pengereman pada motor trail Anda jangan dianggap sepele ya. Maklum hal ini bersinggungan langsung dengan keselamatan berkendara di jalan. Ada beberapa kerusakan yang bisa dialami oleh sistem pengereman motor Anda, salah satunya adalah Master rem yang rusak. Nah apa sih penyebabnya?  Master rem motor atau yang juga dikenal dengan istilah master silinder adalah bagian dari sistem pengereman hidrolik yang memanfaatkan tekanan fluida dalam mekanismenya.

Fungsi dari komponen otomotif ini adalah mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik, atau mengubah gerakan pada pedal rem sepeda motor menjadi tekanan hidrolik yang mampu mengurangi dan menghentikan laju kendaraan.

Layaknya komponen lainnya, master rem juga dapat bekerja secara optimal berkat para komponen pembantunya. Komponen ini antara lain meliputi reservoir tank, white cap, diaphragm, bodi, level sensor, return spring, piston utama, piston kedua, return pot, dan inlet port.

Setelah mengetahui informasi singkat mengenai master rem, kini Anda perlu juga mengetahui apa saja penyebab komponennya rusak. Hal ini penting agar Anda bisa mengurangi perilaku berkendara yang dapat memperparah kondisinya.

Kerusakan pada master rem motor dapat berakibat fatal baik bagi kendaraan maupun pengendaranya itu sendiri.  Nah salah satu penyebabnya adalah korosi piston. Korosi merupakan penyebab umum master rem motor rusak. Hal ini terjadi akibat reaksi kimia antara besi, udara, dan air sehingga komponennya mengelupas. Master rem yang mengelupas membuat permukaan komponennya mengalami kebocoran, sehingga kotoran bisa mengendap dengan mudah.

Oh iya, kotoran maupun debu yang masuk dan mengendap di master rem motor bisa menimbulkan beberapa kerusakan pada komponennya. Kotoran yang mengendap dapat membuat mekanisme piston terhambat alias pengereman menjadi tidak optimal.

Nah buat yang gemar trabasan di medan basah nih harus sedikit berhati-hati ya karena motor trail yang kerap digunakan untuk menerjang banjir atau genangan air bisa membuat master rem rusak. Karena genangan air maupun banjir memudahkan kotoran untuk masuk ke master silinder sehingga komponennya terpapar reaksi kimia yang dapat menyebabkan karat.Dengan begitu, master rem akan mengalami kerusakan yang dapat diidentifikasi dengan pengereman yang keras, berbunyi, dan tidak pakem.

Motor trail yang tidak terawat dengan baik bisa menjadi penyebab utama master silinder rusak. Hal ini dikarenakan kendaraan memiliki komponen yang memang perlu dijaga perawatannya, termasuk master rem. Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala, mulai dari penggantian oli, pencucian motor, hingga penggantian minyak rem. Gak bosan-bosan kami selalu ingatkan Anda untuk merawat motor trail ya.

comments

`