caption trialgame

Jangan Anggap Sepele Kesemutan Saat Bermotor Trail

Thursday, 10 December 2020

Jangan Anggap Sepele Kesemutan Saat Bermotor Trail


Untuk ada yang sering merasakan sakit pada bagian tumit telapak tangan saat mengendarai motor trail harap waspada ya. Jangan anggap sepele hal ini karena bisa jadi Anda terkena Carpal Tunnel Syndrome.  Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal) merupakan kondisi yang memengaruhi tangan dan jari. Kondisi ini dapat membuat pengidapnya mengalami sensasi rasa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Gejala yang muncul ini biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan pada malam hari akan bertambah parah. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk.

Carpal tunnel adalah jalur pada pergelangan tangan yang terdapat terdapat saraf median dan sembilan tendon yang berguna dalam pergerakan jari-jari tangan. Saat terjadi pembengkakan bagian saraf, tendon, atau bahkan keduanya, saraf median akan tertekan, maka terjadilah Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal). Jika saraf median ini terjepit atau terhimpit, akan menimbulkan sensasi kesemutan, mati rasa, dan terkadang muncul rasa sakit pada bagian-bagian yang terpengaruh oleh saraf ini

Nah karena karena getaran mesin yang naik ke setang terlalu kencang, atau terlalu sering trabasan di medan ekstrem membuat Anda beresiko terkena CTS ini. Lantas apa sih yang bisa dilakukan?  Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan sarung tangan yang terdapat bantalan empuk di bagian tumit telapak tangan. Atau menggunakan handgrip yang lembut dan empuk. Oh iya mengatur  jarak handle rem dan kekerasan tuas kopling, juga bisa mengurangi resiko terjadinya CTS ya.  

Jika Anda sedang trabasan atau touring jarak jauh, ingat untuk selalu mengubah posisi telapak tangan saat memegang handgrip setiap 15 menit sekali. Jangan terlalu lama membiarkan tangan dalam posisi yang sama ya. pastikan juga untuk beristirahat sejenak setiap 2 jam sekali. Saat istirahat, perbanyak konsumsi air putih ya karena bisa melancarkan aliran darah.

Lalu jika sudah terlanjur mengalami gejala CTS apa yang harus dilakukan? Pada beberapa kasus, Gejala CTS) tidak membutuhkan pengobatan khusus dan dapat pulih dengan sendirinya. Pada gejala CTS  yang ringan dan sedang dapat ditangani dengan membalut pergelangan tangan dengan papan kecil disertai suntikan kortikosteroid. Jika hal ini tidak berhasil, dokter bisa melakukan prosedur operasi. Operasi penting dilakukan jika dicurigai terdapat kerusakan saraf permanen.

Namun, pemulihan paska operasi akibat CTS mungkin butuh waktu lama jika kasus CTS yang terjadi sudah cukup parah. Bahkan, ada kemungkinan tidak ada perkembangan dari penanganan yang sudah dilakukan. Jadi tetap lebih baik untuk menjaga kesehatan ya, daripada harus mengobat.

comments

`