caption trialgame

Urgensi Neck Brace untuk Enduro

Tuesday, 16 July 2019

   Neck brace adalah salah perangkat yang lazim dikenakan oleh para crosser yang berlaga dalam beragam perlombaan motocross. Fungsinya utamanya tentu saja melindungi leher dari pergerakan ekstrem yang bisa terjadi saat kecelakaan. Dengan membatasi pergerakan ekstrem maka resiko cedera parah bisa dihindari.

   Nah, kebanyakan memang neck brace itu dipakai oleh pembalap motocross yang banyak melakukan aksi jumping. Maklum saja aksi ini rentan kecelakaan sehingga diperlukan perlindungan ekstra bagi mereka yang melakukannya. Lantas jika, Anda hanya menggunakan motor trail di medan offroad, apa perlu mengunakan neck brace?

   Ada dua pendapat mengenai hal ini yaitu perlu dan tidak perlu. Ada yang menganggap neck brace tidak diperlukan pada lintasan offroad atau enduro karena biasanya pada lintasan offroad tidak terlalu banyak terdapat handicap jumping tinggi yang beresiko. Sehingga peluang cidera di bagian leher buat pemain off road jauh lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang berkecimpung di dunia motocross.

   Tapi sebenarnya dalam ajang balap motocross pun tidak ada peraturan mengenai penggunaan neck brace. Makanya jangan heran kalau di ajang balap motocross ada pembalap yang menggunakan neck brace dan banyak pula yang tidak pakai. Meskipun demikian, sudah semestinya para rider yang bermain off road ikut menggunakan neck brace sebagai alat perlindungan karena potensi terjatuhnya juga sama. Jadi penggunaan neck brace ketika bermain off road atau enduro itu wajib, sama seperti penggunaan helm, gloves, body protector, dan enduro boots.

   Jadi kesimpulannya bagaimana? perlu nggak menggunakan neck brace? Kalau merasa perlu dan ada rejeki sih, rasanya tidak salah jike menggunakan neck brace untuk menjaga keselamatan. Tapi mengingat harga neck brace yang terhitung cukup mahal, sedikit tidak heran sih banyak orang Indonesia yang kemudian lebih memilih untuk tidak menggunakan piranti ini.

comments

`